GoFood Ungkap Tren Kuliner Populer 2024 dan Prediksi Menu Favorit 2025
![]() |
GoFood rilis "Tren Surga Makanan" selama 2024-2025. (Dok. ANTARA). |
PEWARTA.CO.ID - Layanan pesan-antar makanan dari Gojek, GoFood, baru saja merilis laporan "tren surga makanan GoFood" yang mengungkap menu kuliner paling digemari sepanjang tahun 2024 serta prediksi tren makanan yang akan diminati di tahun 2025.
Laporan ini tidak hanya menjadi panduan bagi pelanggan dalam mengeksplorasi kuliner, tetapi juga membantu para pelaku usaha kuliner dalam mengembangkan produk mereka dan menciptakan inovasi baru di industri makanan.
“Kami kembali mempersembahkan laporan ‘Tren Surga Makanan’ GoFood untuk memberikan inspirasi bagi para pelanggan untuk menjelajah kuliner. Lebih dari itu, laporan ini juga menjadi acuan dan inspirasi bagi para mitra usaha untuk semakin mengenal selera pasar dan mengembangkan bisnisnya. Misalnya, untuk berinovasi dalam membuat menu atau paket makanan, hingga mempelajari perilaku pelanggan untuk membuat strategi iklan di GoFood,” ujar Head of Marketing Food & Ads Gojek, Ignatius Satrio (Rio), dalam keterangannya pada Jumat (7/2/2025).
Laporan tersebut menunjukkan bahwa hidangan dengan lauk yang mengenyangkan tetap menjadi pilihan utama masyarakat sepanjang tahun. Hal ini terlihat dari nasi ayam yang terus menduduki peringkat teratas sebagai menu terlaris selama enam tahun berturut-turut.
Di kategori GoFood hemat, olahan mie menjadi primadona pelanggan, menandakan bahwa makanan hemat yang juga berfungsi sebagai comfort food tetap menjadi favorit banyak orang.
Selain itu, minuman yang menyegarkan seperti aneka varian teh menjadi pilihan pelanggan terutama saat cuaca panas. Jutaan gelas teh yang dipesan melalui GoFood setara dengan jarak antara Jakarta dan Cirebon jika disusun secara berjejer.
GoFood juga mengungkapkan tiga kuliner yang diprediksi akan menjadi tren di tahun 2025 berdasarkan keyword yang paling banyak dicari oleh pengguna layanan ini. Salah satu tren yang menarik perhatian adalah iced americano, yang diperkirakan akan menjadi favorit berikutnya setelah tren es kopi susu dan es kopi susu gula aren sebelumnya.
Sejalan dengan tren tersebut, Putri Habibie, seorang passionate homecook dan food content creator, mengungkapkan pentingnya eksplorasi dalam tren kuliner.
“Pilihan kuliner masyarakat tidak lagi dipengaruhi oleh selera rasa saja. Gaya hidup dan keseharian masyarakat masa kini juga menjadi faktor penting dalam terbentuknya tren makanan di Indonesia. Misalnya, tren hidup sehat mendorong popularitas menu plant-based dan low-calorie, sementara gaya hidup serba cepat di perkotaan meningkatkan permintaan terhadap makanan praktis dan siap saji,” ujarnya.
Ia juga menambahkan bahwa laporan “tren surga makanan GoFood” memberikan wawasan berharga bagi para pelaku usaha kuliner untuk lebih adaptif dan inovatif dalam menciptakan menu sesuai dengan preferensi terkini pelanggan.
Untuk semakin meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menikmati kuliner, GoFood menawarkan berbagai promo menarik. Pelanggan dapat menghemat hingga Rp1 juta dengan promo Mak-Si-Mal, mendapatkan potongan hingga Rp9 juta dengan paket 90 hari Gojek plus, serta menikmati penawaran buy 1 get 1 dan harga spesial maksimal Rp22 ribu termasuk ongkos kirim tanpa syarat melalui GoFood hemat.
Rio menegaskan bahwa GoFood berkomitmen untuk tetap menjadi pemimpin layanan pesan-antar makanan di Indonesia dengan terus menghadirkan solusi inovatif untuk mendorong pertumbuhan industri kuliner tanah air.
“Seiring dengan komitmen GoFood untuk terus mengukuhkan posisi sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan di Indonesia, kami konsisten menghadirkan solusi inovatif untuk mendorong pertumbuhan ekosistem kuliner Indonesia. Kami juga mengajak para pelaku usaha kuliner untuk berinovasi dalam menghadirkan menu yang banyak dicari dan digandrungi pelanggan, sehingga mampu bersaing dan tumbuh bersama GoFood,” tutup Rio.