GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Pilihan Bahan Makanan Lokal untuk Menyiapkan Bekal Bergizi bagi Anak

Pilihan Bahan Makanan Lokal untuk Menyiapkan Bekal Bergizi bagi Anak
Ilustrasi.

PEWARTA.CO.ID - Dalam menyiapkan bekal makanan bergizi bagi anak, aneka bahan makanan lokal bisa menjadi pilihan yang tepat dan terjangkau.

Menurut ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada, Esti Nurwanti, banyak bahan makanan lokal yang memiliki kandungan gizi yang tinggi dan mudah ditemukan di pasar sehari-hari.

Dengan kreativitas dalam mengolah makanan dan pengetahuan gizi, orang tua dapat membantu anak-anak memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

“Banyak bahan makanan lokal yang tak kalah bergizi dan mudah ditemukan di pasar sehari-hari, serta dapat diolah menjadi hidangan yang menarik bagi anak,” kata Esti dalam sebuah wawancara di Jakarta.


Contoh bahan pangan lokal untuk bekal bergizi

Berikut adalah beberapa contoh bahan pangan lokal yang bisa diolah menjadi bekal bergizi seimbang bagi anak:

1. Nasi merah  

Nasi merah bisa menjadi pilihan karbohidrat kompleks yang baik. Nasi ini dapat dipadukan dengan ayam suwir, tempe, serta sayuran seperti wortel dan bayam.

Kombinasi ini tidak hanya memberikan karbohidrat, tetapi juga protein berkualitas dari ayam kampung, protein nabati dan serat dari tempe, serta vitamin A dan C dari wortel dan bayam yang penting untuk kesehatan mata dan daya tahan tubuh.

2. Tempe

Tempe goreng tepung yang disajikan dengan saus tomat rumahan dapat menjadi lauk yang menarik untuk bekal anak.

Tempe yang digoreng memberikan sumber protein dengan tekstur yang disukai anak-anak, sementara saus tomat rumahan menambah rasa sekaligus menyediakan vitamin C.

3. Ikan kembung

Ikan kembung yang dibakar dapat disajikan dengan nasi uduk dan irisan mentimun. Ikan kembung merupakan sumber omega-3 yang penting untuk fungsi kognitif dan kesehatan jantung, sementara nasi uduk memberikan karbohidrat dan lemak sehat, dan mentimun menambahkan serat.

4. Jagung manis

Jagung manis dapat diolah menjadi sup yang dicampur dengan telur, ayam suwir, daun bawang, dan sayuran lainnya.

Sup jagung ini tidak hanya menawarkan karbohidrat dari jagung, tetapi juga protein dari ayam dan telur, serta serat dan vitamin dari sayuran.

5. Ubi jalar

Ubi jalar yang dipanggang dapat disajikan dengan keju parut dan madu. Ubi jalar kaya akan serat dan vitamin A, dan ketika disajikan dengan sedikit keju, akan memberikan tambahan protein dan kalsium.

Madu juga bisa ditambahkan sebagai pemanis yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral.

Esti menekankan bahwa menu-menu ini tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi anak, tetapi juga dapat dimodifikasi agar lebih menarik.

“Menu-menu ini tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi anak, tetapi juga dapat dimodifikasi agar lebih menarik dan disukai anak-anak, sehingga mendorong mereka untuk makan dengan baik,” ujarnya. 

Seperti disebutkan dalam artikel pcpafikotakediri.org, memilih bahan makanan lokal yang kaya gizi dan mengolahnya dengan cara yang kreatif nyatanya membuat para orangtua dapat memastikan anak-anak mendapatkan nutrisi yang optimal tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close