GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Lezatnya Kuliner Khas Banyumas: Sajian Legendaris yang Memikat Hati

Lezatnya Kuliner Khas Banyumas: Sajian Legendaris yang Memikat Hati
Tahu kupat yang menarik untuk dicoba (Dok. Ist)


Pewarta.co.id - Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah bisa pilihan menarik untuk liburan. Sebab daerah ini kaya akan wisata alam, sehingga cocok untuk para pencinta alam. Selain itu, Banyumas juga terkenal dengan berbagai kuliner legendaris yang enak. 

Menariknya, banyak makanan khas Banyumas yang sudah dikenal hingga ke mancanegara. Jadi, selain menikmati pemandangan, Kamu juga bisa mencicipi beragam makanan yang menggugah selera.

Rekomendasi Kuliner Legendaris yang Menarik Dicoba

Selain wisata alam, Banyumas juga memiliki beberapa wisata buatan. Oleh karena itu, daerah ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Kamu yang suka traveling dengan suasana berbeda. Bahkan Kamu bisa mencoba kuliner legendaris di daerah Banyumas seperti:

1. Getuk Sokaraja

Saat berkunjung ke Kota Purwokerto, Kamu akan menemukan banyak toko oleh-oleh yang menjual getuk goreng atau getuk Sokaraja. Kuliner ini merupakan makanan legendaris yang terkenal , terutama bagi pecinta makanan lezat. 

Ciri khas dari getuk goreng Purwokerto adalah warnanya yang coklat, rasanya yang manis, dan teksturnya yang empuk. Hal ini membuatnya menjadi camilan yang sangat disukai oleh banyak orang.

Pada saat masih hangat, getuk sangat cocok disantap dengan secangkir teh panas. Terlebih getuk ini memiliki sifat yang mengenyangkan, sehingga bisa disantap pagi hari sebagai pengganti sarapan pagi.

2. Kraca

Kudapan ini umumnya dikenal sebagai keong kuah pedas. Di hari biasa mungkin Kamu akan kesulitan menemukan kraca. Sebab. Makanan ini biasanya banyak dijual di Banyumas menjelang bulan puasa.

Disamping itu, kuliner ini berasal dari jeong-keong kecil yang diolah dengan berbagai bumbu dan rempah, sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan enak. Menariknya, kuliner ini cocok disantap dengan nasi hangat. 

Selain itu, makanan ini diolah dengan cara direbus selama 4-5 jam, lalu dimasak dengan rempah-rempah yang membuatnya semakin lezat. Meskipun memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya, namun Kraca memiliki peminat yang tinggi. 

3. Sate Suhada

Sate Suhada adalah salah satu kuliner khas Purwokerto yang wajib dicoba. Makanan ini terbuat dari potongan daging kambing yang memiliki rasa yang lezat dan menggugah selera.

Yang membuat Sate Suhada istimewa adalah daging kambing muda yang digunakan, sehingga teksturnya sangat empuk. Sate ini disajikan dengan saus kacang yang menambah kelezatan hidangan tersebut.

Menyantap sepiring sate Suhada ditemani teh hangat, akan memberikan sensasi berbeda. Oleh karena itu, Kamu harus meluangkan waktu untuk mencoba sate Suhada. Terlebih sate ini memiliki harga yang relatif terjangkau.

4. Dage

Dage adalah salah satu jenis camilan goreng yang terbuat dari ampas kedelai, bahan sisa dari pembuatan tempe. Camilan ini memiliki beberapa varian, salah satunya adalah dage bal. 

Dage bal berbentuk persegi empat dan berwarna cokelat keabu-abuan. Saat digoreng, rasanya manis dan gurih. Kuliner ini akan terasa lebih lezat saat masih hangat, sehingga Kamu bisa menikmatinya sebelum dingin. 

Selain dage bal, ada juga varian lain yang disebut dage lugas. Namun, varian ini sudah jarang ditemui di pasaran padahal peminatnya cukup banyak. Dage lugas berbentuk kubus dan berwarna abu-abu pekat.

5. Tahu Kupat Mbah Djawi

Kuliner legendaris di Banyumas yang selanjutnya, yaitu Tahu Kupat Mbah Djawi yang sudah berjualan sejak tahun 1948. Warung Tahu Kupat Mbah Djawi berada di Desa Sudagaran, Banyumas, dekat dengan Klenteng Boen Tek Bio Banyumas. 

Meskipun hanya berupa warung sederhana, tahu kupat ini selalu ramai pengunjung. Rahasia kelezatan tahu kupat Mbah Djawi ada pada resep dan alat-alat memasak tradisional yang digunakan secara turun-temurun. 

Satu porsi Tahu Kupat Mbah Djawi terdiri dari potongan ketupat, tahu, kubis, dan tauge yang disiram air gula serta ditaburi bawang merah goreng, sambal, dan kecap. Meskipun memiliki banyak pelanggan, namun kupat tahun ini memiliki harga Rp 12.000.

Banyumas merupakan salah satu daerah yang tidak hanya terkenal akan destinasi wisatanya saja, sebab banyak kuliner legendaris yang menarik dicoba. Daripada penasaran, yuk segera kesini!.


Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close