GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

DPUPRPKP Kota Malang Ungkap Penyebab Amblesnya Jalan Muharto, Sinkhole 9 Meter Segera Diperbaiki

DPUPRPKP Kota Malang Ungkap Penyebab Amblesnya Jalan Muharto, Sinkhole 9 Meter Segera Diperbaiki
Jalan Raya Muharto, Kota Malang, ambles dan membentuk lubang sepanjang 9 meter, pada Senin (21/10). --Dok. Tribun Jatim

MALANG, PEWARTA - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang segera mengambil tindakan perbaikan terhadap Jalan Raya Muharto, Kecamatan Kedungkandang, Malang, yang mengalami ambles pada Senin (21/10/2024).

Sebagai langkah awal, DPUPRPKP menurunkan satu unit alat berat berupa mini excavator dan memobilisasi tim pekerja untuk memperbaiki kondisi jalan.

Tak hanya itu, area yang mengalami ambles juga telah dipasangi garis pengaman untuk memastikan keselamatan pengguna jalan.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Dandung Djulharjanto, menjelaskan bahwa penyebab amblesnya Jalan Muharto dikarenakan saluran air drainase yang berada di bawah jalan yang sudah tidak mampu menahan beban.

"Yang ambrol atau ambles ini bukan jalannya, tetapi karena saluran air drainasenya. Karena usia drainasenya sudah lama, bisa dibilang sudah aus," ujarnya kepada TribunJatim.com.

Lebih lanjut, Dandung menguraikan bahwa saluran air drainase yang lama tersebut terbuat dari buis beton dengan diameter 80 centimeter dan ketebalan 8 centimeter.

"Jadi, buis beton drainase yang lama itu tidak ada tulangan besinya, jadi hanya cor-coran saja. Dan karena memang ini drainase lama, jadi kemungkinan sudah tidak kuat lagi menahan beban kendaraan yang melintas, disamping usianya sudah lama sekitar 20 tahunan," ungkapnya.

Dandung juga menginformasikan bahwa langkah-langkah perbaikan sudah diambil dan akan dilakukan dengan segera.

"Yang mengalami ambles dan ambrol ini, ada sekitar sepanjang 7 meter. Namun, kami tidak melakukan perbaikan hanya 7 meter itu saja, tetapi hingga kurang lebih 15 meter dan kami gali hingga kedalaman 2 meter untuk dilakukan penguatan. Dan sepanjang itu juga, saluran drainasenya kami ganti dengan box culvert ukuran 1 x 1 meter," bebernya.

Dandung menambahkan, perbaikan tersebut akan menggunakan anggaran insidentil.

"Untuk perbaikannya, kami memakai anggaran insidentil. Untuk nilainya berapa, masih belum tahu karena menyesuaikan dengan kebutuhan," pungkasnya.

Sebagaimana dilaporkan sebelumnya, Jalan Raya Muharto, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, mengalami ambles pada Senin (21/10/2024) sekitar pukul 05.30 WIB.

Letak bagian jalan yang ambles terletak di dekat pintu masuk Jalan Muharto Gang 6 Kota Malang. Kejadian ini menyebabkan terbentuknya lubang sepanjang 9 meter, lebar 2 meter, dan kedalaman sekitar 1,5 meter, yang menjadi perhatian bagi pengguna jalan dan pihak berwenang.

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close