GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

5 Kuliner Legendaris Pamekasan yang Menggugah Selera dan Ramah di Kantong!

5 Kuliner Legendaris Pamekasan yang Menggugah Selera dan Ramah di Kantong!
Kaldu Kokot sebagai salah satu kuliner Pamekasan (Dok. Ist)


Pewarta.co.id - Pamekasan merupakan salah satu daerah yang terdapat di Madura. Dimana daerah ini tidak hanya menawarkan panorama alam yang memukau namun juga kuliner lezat. 

Beragam kuliner khas Pamekasan tidak mudah ditemukan di daerah lain. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkannya saat berkunjung ke daerah ini. Terlebih kuliner di Pamekasan terkenal dengan harganya yang murah meriah.

Rekomendasi Kuliner Legendaris khas Pamekasan yang Menarik Dicoba 

Saat berkunjung ke Pamekasan, Kamu bisa memilih wisata alam hingga wisata buatan. Selain itu, Kamu juga bisa menikmati aneka kuliner khas Pamekasan. Berikut beberapa kuliner khas Pamekasan, yakni:

1. Nase' Jhajan

Nase' Jhajan adalah kuliner khas Pamekasan, Madura, yang terkenal sangat lezat dan menggoda selera. Jika kamu berkunjung ke Pamekasan, rasanya kurang lengkap jika tidak mencicipi makanan legendaris ini.

Nase' Jhajan disajikan dalam pincukan daun pisang dan dilengkapi berbagai pilihan lauk, seperti telur kuah petis, daging, serundeng, dan lainnya. Sambal pedasnya bisa bikin lidah kamu bergoyang!.

Mencoba kuliner Pamekasan ini dengan tangan tentu sangat nikmat. Jika kamu ingin mencicipi Nase' Jhajan yang enak, kamu bisa mengunjungi wilayah Parteker di Pamekasan.

2. Rujak Tajin Ibu Farida

Rujak ini juga dikenal dengan sebutan rujak bubur. Dalam pembuatannya, terdapat beberapa bahan yang bisa digunakan seperti kacang sangrai, petis, ikan tuna khas Madura, mentimun, sayuran, dan cingur sapi.

Proses pembuatannya dimulai dengan menghaluskan kacang menggunakan cowek besar bersama tomat dan cabai, kemudian ditambahkan petis dan bumbu halus. Setelah itu, dicampurkan dengan mentimun yang telah dicacah, sayuran, dan cingur sapi.

Semua bahan diulek lagi hingga bumbunya merata. Sebelum disajikan, bubur diletakkan di atas piring dan ditumpangi dengan racikan bumbu rujak yang sudah dicampur. Setelah disajikan, Kamu bisa menyantapnya dengan segelas teh hangat.

3. Soto Ayam Keppo Pamekasan

Soto Ayam Madura yang terkenal bisa kamu temukan di Jalan Raya Keppo, Pamekasan. Kuliner ini dikenal dengan rasa gurih dan nikmatnya. Sebab ayam yang digunakan merupakan ayam kampung sehingga terasa lebih lezat. 

Di dalam semangkuk soto ayam, terdapat irisan daging ayam yang empuk, soun, telur rebus, dan perasan jeruk nipis. Soto ini biasanya disajikan dengan lontong atau nasi. Disamping itu, kuahnya cenderung bening dengan rasa yang ringan.

Isian soto ini meliputi potongan ayam kampung, telur, kentang rebus, dan kerupuk semacam peyek yang dihancurkan. Sebagai pelengkap, ditaburi bawang goreng di atasnya. Karena mengenyangkan, soto ini cocok disantap saat sarapan.

4. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot, atau kaldu kikil, merupakan salah satu wisata kuliner yang populer di Pamekasan, Madura. Makanan ini adalah sop yang terbuat dari kikil dan kaki sapi. Meskipun disebut sop, kaldu kokot ini lebih mirip dengan gulai atau rawon.

Disebut mirip rawon, karena kaldu Kokok memiliki kuah yang kaya rasa, namun ditambah dengan potongan kikil dan tulang kaki sapi.Satu porsi kaldu kokot biasanya disajikan bersama nasi atau potongan ketupat. 

Sebagai pelengkap, tersedia juga berbagai pilihan seperti perkedel ubi, kerupuk, lorji, atau kacang mete. Jika ingin mencicipi kaldu kokot ini, kamu bisa mengunjungi Warung Kaldu yang terletak di Jalan Pintu Gerbang Nomor 46, Pamekasan. 

5. Sate Lalat

Sate Lalat mungkin terdengar aneh, namun Kamu jangan khawatir sebab sate ini tidak terbuat dari lalat. Nama "lalat" diberikan karena ukuran sate ini yang kecil-kecil. Bagi kamu penggemar sate Madura, Sate Lalat ini wajib dicoba!

Selain itu, Sate Lalat mirip dengan sate Madura lainnya yang memiliki kuah kacang kental dan daging ayam fresh. 

Salah satu kedai Sate Lalat yang terkenal di Pamekasan terletak di Jalan Niaga, tepatnya di kawasan warung tenda Sae Selera. Di warung ini, Kamu bisa menikmati 20 tusuk sate sehingga perut akan terasa kenyang. 

Itulah beberapa kuliner legendaris di Pamekasan yang menarik untuk dicoba. Selain mudah ditemukan, kuliner tersebut memiliki harga yang murah. Oleh karena itu, tidak heran jika Pamekasan selaku ramai wisatawan.

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close