GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Rahasia Awet Muda dengan Olahraga dan Mitokondria, Apa itu?

Rahasia Awet Muda dengan Olahraga dan Mitokondria, Apa itu?
Ilustrasi. Kebiasaan berolahraga juga berpengaruh pada penampilan seseorang yang membuat tampak awet muda. (Dok. Canva)

PEWARTA.CO.ID - Siapa sangka, olahraga yang kita lakukan sehari-hari ternyata menyimpan rahasia di balik kecantikan awet muda? Bukan hanya sekadar menjaga tubuh tetap fit, olahraga juga berperan penting dalam menjaga kesehatan sel-sel tubuh kita, khususnya mitokondria.

Dalam sebuah cuitan di akun X-nya, @fsapradana, Dokter Spesialis Jantung, dr. Furqon Satria, menjelaskan manfaat olahraga dan kaitannya terhadap kualitas hidup yang memengaruh penampilan seseorang.

"Kita cenderung underestimate benefit jangka panjang latihan low to moderate intensity. Artinya, olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, jika dilakukan secara konsisten, dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita," tulisnya di unggahan X.

Apa hubungannya olahraga dengan awet muda?

Jawabannya terletak pada mitokondria, yang sering disebut sebagai "pembangkit tenaga sel". Organel kecil ini bertanggung jawab dalam menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas.

Menurut dr. Furqon, olahraga dapat meningkatkan efisiensi dan volume mitokondria. Akibatnya, tubuh kita akan memiliki lebih banyak energi dan tidak mudah lelah.

Bagaimana mitokondria membuat kita awet muda?

Selain memberikan energi, mitokondria yang sehat juga berperan penting dalam produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. 

Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen alami tubuh kita menurun, sehingga kulit menjadi kendur dan muncul kerutan. 

Dengan rutin berolahraga, kita dapat merangsang produksi kolagen, sehingga kulit tetap kencang dan awet muda.

Demikian pula disadur mealui laman pafipckarangasem.org, disebutkan jika olahraga bukan hanya sekadar menjaga tubuh tetap sehat, tetapi juga merupakan investasi untuk masa depan. 

Dengan rutin berolahraga, kita tidak hanya mendapatkan tubuh yang bugar, tetapi juga kulit yang awet muda. Jadi, jangan ragu untuk meluangkan waktu untuk berolahraga, ya!

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close