GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tidak Pernah Sepi Pembeli, Ini Dia Strategi Marketing Ala Mie Gacoan

Tidak Pernah Sepi Pembeli, Ini Dia Strategi Marketing Ala Mie Gacoan
Menu yang terdapat di Mie Gacoan (Dok. Ist)


Pewarta.co.id Mie Gacoan, salah satu warung makanan di Kota Malang, menjadi salah satu brand kuliner yang paling terkenal sejak awal pendirian pada tahun 2016. 

Tahun demi tahun, Mie Gacoan konsisten dalam memberikan kualitas pelayanan yang baik, makanan yang enak, harga terjangkau, serta tempat yang nyaman, terbukti tidak pernah sepi pembeli selama lebih dari 8 tahun. 

Mie Gacoan bahkan telah sukses membuka lebih dari 100 gerai cabang franchise-nya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Meskipun slogan utamanya ‘mie pedas no.1 di Indonesia’, namun siapa sangka ternyata Mie Gacoan bukan merupakan pelopor mie pedas pertama di Indonesia. 

Ternyata terdapat salah satu kompetitor usaha kuliner yang bergerak di bidang yang sama yaitu mie pedas yang berdiri lebih awal yaitu pada tahun 2010 dengan 30 cabangnya hingga saat ini.

Lalu, apa rahasia Mie Gacoan agar bisa tetap berdiri dan berkembang lebih maju dibandingkan dengan kompetitornya dalam bisnis kuliner?.

Salah satu kunci suksesnya adalah pricing strategy atau mengenai harga yang dinginkan/Kamu tawarkan, yakni Mie Gacoan selalu menjaga harga yang cukup terjangkau untuk pelanggan. 

Selain itu, makanan yang enak, harga yang sesuai, tempat yang nyaman, dan pelayanan yang baik juga menjadi komponen utama yang harus terpenuhi.

Meskipun menu utamanya dianggap memiliki harga yang cukup murah, sebenarnya margin keuntungan lebih besar terdapat pada penjualan menu pendamping seperti side dish. 

Bisnis Mie Gacoan memiliki margin yang bisa mencapai 40-50%. Terlepas dari strategi harga yang sangat efektif dan efisien hingga margin yang didapatkan begitu besar.

Selain itu, Mie Gacoan juga memiliki brand image yang sangat baik dengan cara mempertahankan kualitas makanan dan pelayanan untuk semua pelanggan.

Tidak hanya mempertahankan kualitas dan harga, strategi pemasaran juga berperan penting dalam mempromosikan Mie Gacoan ke dalam kalangan masyarakat Indonesia

Kolaborasi dengan online market seperti Go Food, Shopee Food, dan lain sebagainya membantu meningkatkan penjualan. 

Mie Gacoan bahkan termasuk dalam usaha yang ‘mendefinisikan Indonesia’ karena Indonesia masuk dalam urutan ke-2 pengonsumsi mie instan terbanyak di dunia. 

Berdasarkan data tersebut, Mie Gacoan bisa dikategorikan sebagai bisnis staple food atau bisnis kuliner yang bisa menjadi kebutuhan orang Indonesia yang siap dimakan setiap hari.

Menjaga ketahanan bisnis menjadi faktor penting bagi Mie Gacoan karena apabila terdapat bisnis kompetitor yang lebih inovatif atau tidak ada pengembangan baru, maka kemungkinan besar perusahaan akan ditumbangkan oleh para pesaing. 

Oleh karena itu, konsistensi dalam usaha dan menjaga reputasi dari skandal dan isu-isu sangat penting agar bisnis kuliner tetap sukses. 

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close