GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Si Kecil Mau Masuk SD Belum Bisa Baca? Ini Tips Melatihnya

 

Anak berlatih membaca
Anak berlatih membaca
(Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID - Apakah Anda sedang mencari cara mengajari anak membaca? 

Melatih membaca dapat dijadikan persiapan bagi orang tua agar si kecil makin mahir belajarnya.

Ragam Tips Melatih Membaca 

Berikut ini sejumlah cara yang bisa bunda terapkan agar si kecil mahir membaca sebelum masuk SD:

1. Pilih Buku yang Disukai Anak 

Tips pertama untuk mengajari anak membaca adalah dengan memilih buku yang disukai anak. Jika anak Anda sudah mengenal huruf dan bisa mengucapkan beberapa kata tanpa kesulitan, Anda dapat mencoba metode ini. Membaca buku merupakan kunci untuk membuka pintu pembelajaran dalam hidup anak, seperti yang dilansir dalam laman University of Rochester Warner School of Education.

Pemilihan buku yang disukai anak akan membuat mereka lebih senang dalam belajar membaca. Namun, Anda tetap harus mengawasi buku-buku yang dipilih anak Anda. Saat memilih antara buku dongeng atau buku nonfiksi, periksa terlebih dahulu daftar isi buku tersebut. Jika anak Anda memilih buku nonfiksi, pastikan informasi yang terkandung di dalamnya akurat dan menyajikan informasi terbaru.

2.Membacakan Buku Kepada Anak 

Secara Rutin Membacakan buku kepada anak secara rutin dapat menjadi alternatif dalam mengajari mereka membaca. Jika anak masih belum mengenal huruf-huruf, Anda dapat membacakan buku untuk mereka setiap malam sebelum tidur. Kebiasaan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan memori anak serta membuka potensi kreativitas mereka. Saat membacakan cerita kepada anak, mereka akan menunjukkan rasa penasaran, dan ini akan melatih mereka untuk saling percaya, memberikan pendapat, dan bertanya.

Membacakan buku kepada anak juga akan mempererat hubungan orang tua dengan anak mereka. Oleh karena itu, pastikan bahwa membaca buku sebelum tidur menjadi rutinitas sehari-hari bagi anak Anda.

3. Membaca dengan Suara yang Lantang 

Mengajari anak-anak membaca dengan cara mengucapkan bacaan dengan suara keras sangat penting. 

Dengan cara ini, anak dapat mengetahui intonasi bacaan yang benar sesuai dengan kalimat yang diucapkannya. Mengajari anak membaca seperti mencoba memecahkan kode. Cara terbaik untuk mencapai ini adalah dengan membaca dengan keras.

4. Membuat Permainan Dalam Membaca 

Tips mengajarkan anak membaca selanjutnya adalah dengan permainan kata. Fokus pada permainan yang mendorong anak untuk mendengar, mengenali, dan meniru bunyi kalimat dan kata.

Caranya, Anda dapat memotong kartu sederhana, dan menulis kata sederhana pada masing-masing kartu, untuk membuat kartu kata. Selanjutnya, mintalah anak-anak untuk memilih sebuah kartu dan membaca kata tersebut bersama-sama. Metode ini membutuhkan lebih banyak waktu persiapan, tetapi dapat mengajar anak-anak membaca dengan lebih efektif.

5. Belajar Membaca Menggunakan Lagu 

Cara mengajarkan anak membaca yang lain adalah dengan menggunakan lagu. Anak-anak dapat menyanyikan kata-kata yang pertama kali mereka pelajari. 

Namun, Anda dapat dengan mudah beralih ke pendekatan suara (mengenali hubungan antara huruf dan suara) sehingga Anda dapat mengidentifikasi huruf-huruf yang membentuk suara yang dinyanyikan oleh anak-anak.

6. Menggunakan Teknologi 

Proses belajar membaca harus dilakukan secara menyenangkan bagi anak. Menggunakan teknologi dapat membuat anak-anak merasa senang saat belajar membaca.

 Misalnya, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk mengenalkan huruf dan mendengarkan berbagai video pendidikan di Internet. Teknologi ini berguna ketika anak Anda mengalami kesulitan dalam belajar membaca.

7. Buat Ruang Membaca yang Nyaman 

Membaca di lingkungan yang nyaman dapat membantu anak-anak lebih fokus pada kegiatan membaca. Anda dapat menyiapkan kursi yang nyaman dan meletakkan buku-buku dengan rapi dalam sebuah lemari. 

Memberikan suasana yang nyaman akan membuat kegiatan membaca semakin menyenangkan bagi anak-anak. Hindari membaca di ruang TV karena suara dari televisi dapat mengalihkan perhatian anak Anda.

Itulah beberapa tips untuk mengajari anak membaca. Jangan lupa untuk memberikan ketepatan waktu dan bimbingan yang cukup untuk anak Anda.

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close