GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

PPDB Sepi Peminat, SDN Jatimulyo 4 Kota Malang Dipastikan Potong Generasi

PPDB Sepi Peminat, SDN Jatimulyo 4 Kota Malang Dipastikan Potong Generasi
SDN Jatimulyo 4 di Kota Malang tidak memiliki murid pada TA. 2024-2025.

MALANG, PEWARTA - SDN Jatimulyo 4, yang terletak di Jalan Simbar Menjangan, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, dipastikan potong generasi pada tahun ajaran 2024-2025.

Hal ini terjadi karena sepinya peminat pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun ini.

SDN Jatimulyo 4 awalnya hanya mendapatkan satu orang pendaftar. Namun, pendaftar tersebut memutuskan untuk pindah ke sekolah lain.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Malang, Suwarjana, menuturkan bahwa meskipun tidak ada siswa baru yang mendaftar, SDN Jatimulyo 4 tidak akan ditutup.

"Apakah yang kurang itu besok tahun depan ditutup, tidak seperti itu," ujar Suwarjana, Senin (15/7/2024).

Ia menjelaskan bahwa sekolah tersebut masih memiliki siswa di kelas 2 hingga kelas 6.

Suwarjana menambahkan bahwa proses ini belum final. Pendaftaran offline masih dibuka untuk SDN Jatimulyo 4 dan sekolah negeri lain yang kekurangan siswa.

"Kalau yang lain semuanya sudah terpenuhi, kan mestinya pagunya di angka 28 - 30 untuk SD itu, cuma mereka 20 atau 15 juga sudah dianggap bisa melakukan pembelajaran itu," jelas dia.

Ia yakin bahwa pagu siswa di SDN Jatimulyo 4 dan sekolah lain akan terpenuhi, termasuk dengan siswa dari luar Kota Malang yang mendaftar secara offline.

"Jangan khawatir dan saya yakin pasti penuh," tuturnya.

Menurutnya, tidak ada batasan waktu untuk pendaftaran offline. Pendaftaran dibuka sampai semua pagu terpenuhi.

"Sampai terpenuhi, kalau ada orang daftar sekolah belum sekolah, terus tak larang untuk daftar, kan saya yang salah, warga Indonesia kan harus bersekolah. Semua warga negara Indonesia semua sampai kapan pun boleh sekolah," tukasnya.

Sepinya peminat di SDN Jatimulyo 4 diduga karena beberapa faktor, seperti:

Keberadaan sekolah negeri lain di sekitar: SDN Jatimulyo 1 dan SDN Jatimulyo 5 yang berdekatan.

Lokasi sekolah: Terletak di kawasan perguruan tinggi, sehingga lingkungan sekitar didominasi oleh pendatang dari luar Kota Malang.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close