GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Orangtua Wajib Paham, Ini Tanda Anak Sudah Tertarik Sekolah dan Persiapan yang Harus dilakukan!

 

Anak siap masuk sekolah
Anak siap masuk sekolah
(Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID - Sebagai orang tua, memilih sekolah dan menentukan awal masa pendidikan anak membutuhkan persiapan yang serius dan matang. 

Banyak orang tua menganggap bahwa usia anak merupakan ukuran utama untuk menentukan kesiapannya dalam memulai sekolah. 

Namun, faktanya ada beberapa aspek lain yang mempengaruhi kesiapan anak, seperti aspek emosional, perilaku, dan kemampuan kognitif.

Menurut Aninda, seorang praktisi psikologi anak usia dini, aspek yang perlu diperhatikan untuk mendaftarkan anak ke sekolah bervariasi pada setiap jenjangnya. 

Tanda Psikologis Anak Siap Sekolah

Di bawah ini adalah beberapa tanda psikologis anak siap masuk sekolah yang perlu orang tua ketahui pada jenjang TK.

1. Berbahasa yang Baik 

Aspek pertama yang harus diperhatikan orang tua adalah kemampuan anak dalam berbahasa yang baik. Anak harus memiliki kemampuan untuk menyampaikan pemikiran dan perasaannya serta mampu memahami apa yang disampaikan oleh orang lain kepadanya.

2 Mandiri 

Anak juga harus memiliki dasar kemandirian sebelum memulai sekolah. Hal ini mencakup berani, percaya diri, mampu pergi ke sekolah sendiri, dan sebagainya.

3. Mengontrol Diri dengan Baik 

Sebelum memulai sekolah, anak juga harus memiliki kemampuan untuk mengontrol diri sendiri dengan baik. 

Ini berarti bahwa anak juga harus memiliki kemampuan untuk mengontrol emosinya dan tidak menampakkan perilaku kekerasan pada lingkungannya di kehidupan sehari-hari.

4. Kemampuan Sosialisasi 

Anak juga harus memiliki kemampuan sosialisasi yang baik sebelum mulai bersekolah. Ini berarti bahwa anak mampu membangun hubungan dengan teman, mulai mau berbagi, dan menunjukkan perhatian pada lingkungannya.

5. Punya Bekal Pengalaman 

Anak harus memiliki beberapa pengalaman sebelum masuk sekolah. Ini termasuk pengalaman menjalankan tugas-tugas dasar seperti membereskan mainannya sendiri saat bermain di rumah.

6. Siap Menerima Pelajaran 

Anak juga harus memiliki kesiapan untuk menerima pelajaran. Ini berarti bahwa anak mampu fokus untuk mengerjakan tugas sederhana, mempunyai rasa ingin tahu yang besar, dan mampu mengerjakan tugas-tugas sederhana dengan benar.

Dalam mempersiapkan anak untuk masuk sekolah, orang tua harus memperhatikan setiap aspek yang dibutuhkan oleh anak.

 Sebagai orang tua, Anda harus membantu anak mengeksplorasi keterampilan, bakat, minat, dan kemauan mereka sebelum menentukan sekolah yang cocok bagi mereka. Dengan memperhatikan persiapan sejak dini, anak akan memiliki dasar yang kuat dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

Menjadi orang tua adalah tanggung jawab besar, termasuk dalam mempersiapkan anak untuk memulai pendidikan formal mereka. 

Persiapan Orang Tua saat Anak Mulai Tertarik Sekolah

Berikut adalah beberapa persiapan yang dapat dilakukan oleh orang tua saat anak sudah hampir memulai sekolah:

1. Kenali Lingkungan Sekolah

Kunjungi lingkungan sekolah sebelum hari pertama sekolah dan cari tahu tentang aturan sekolah, keluarga guru, dan orang tua lainnya. Hal ini akan membantu Anda dan anak Anda lebih siap pada saat mulai masuk sekolah.

2.Tetapkan Jadwal Rutin 

Mulailah menjadwalkan waktu yang ketat seperti untuk tidur, bangun pagi, makan, mandi dan aktivitas lainnya agar anak menjadi lebih teratur. Perhatikan bahwa jadwal sehari-hari juga sebaiknya mencakup waktu untuk belajar, bermain, dan istirahat.

3. Dana

Saat anak sudah mulai tertarik sekolah, orang tua harus mulai mempersiapkan dana pendaftaran hingga pembelian semua peralatan untuk menunjang kebutuhan sekolah anak. 

4. Mempersiapkan Baju dan Alat Sekolah

Orang tua juga harus mulai mempersiapkan sejumlah peralatan mulai dari tas, sepatu, ikat pinggang, sepatu, dan lain sebagainya. Usahakan pembelian alat tersebut sesuai keinginan anak sehingga nantinya nyaman saat memakainya. 

Persiapan orangtua untuk menghadapi anak yang akan memulai pendidikan formal dapat membantu mereka lebih siap dalam menyelesaikan tantangan dan mengembangkan keterampilan mereka. 

Dengan pendekatan yang baik dan waktu yang cukup, anak Anda akan merasa lebih siap dalam menghadapi lingkungan sekolah yang baru.

 Ingatlah bahwa Anda sebagai orang tua dapat memberikan pengaruh positif dalam mempersiapkan anak Anda untuk meraih prestasi dalam pendidikan mereka.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close