GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Nekat Berhenti Jadi PNS, Wanita Asal Bogor Kini Sukses Bikin Busana Lewat UMKM

Nekat Berhenti Jadi PNS, Wanita Asal Bogor Kini Sukses Bikin Busana Lewat UMKM
Pameran Pekan Kerajinan Jawa Barat (Dok. Ist)


Pewarta.co.id Sejumlah usaha kecil dan menengah (UMKM) dari Kabupaten Bogor ikut serta dalam acara Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) tahun 2024.

Acara ini diselenggarakan di Trans Convention Center, Kota Bandung pada tanggal 28-30 Juni 2024.

Salah satu pelaku UMKM bernama Zahrotul Jannah dari Gunungputri, Kabupaten Bogor merasa senang bisa berpartisipasi dalam acara tersebut. Dia adalah pemilik usaha fesyen bernama Ulayya. 

Menurut Zahrotul, kegiatan pameran sangat penting untuk membangkitkan semangat dalam pertumbuhan UMKM dan mendorong pelaku UMKM agar terus berkembang dan berkontribusi terhadap perekonomian.

"Acara ini sangat penting untuk mendorong pelaku UMKM agar terus meningkatkan skala usaha hingga mampu berkontribusi terhadap perekonomian," kata Zahrotul di Gunungputri

Zahrotul yang sebelumnya berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengatakan bahwa ia selalu mendapatkan sudut pandang baru tentang menjalankan bisnis setiap kali diikutsertakan dalam berbagai bazar dan pameran. 

Menurutnya, setiap kali ia turut serta dalam pameran, ia sering berbincang-bincang dengan teman-teman dari UMKM yang lain sehingga ia mendapatkan wawasan baru tentang cara menjalankan bisnis. 

"Setiap ikut pameran, saya sering ngobrol sama teman-teman UMKM lain sehingga mendapatkan insight baru dalam menjalankan bisnis," ungkap Zahro

Dalam hal ini, Zahrotul menambahkan bahwa usaha kecilnya berkembang setelah mendapat perhatian dari Bank Indonesia.

"Awalnya pernah ditolak oleh beberapa pihak. Tapi pas ketemu orang Bank Indonesia, saya langsung difasilitasi untuk ikut pameran dan didorong untuk terus berkembang," ungkap Zahro.

Produk yang ia hasilkan berupa produk yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, yakni pakaian dengan bahan dasar pewarna alami dari arang tempurung kelapa. 

Menurutnya, produk yang ia hasilkan senantiasa berorientasi pada keberlanjutan dan inovasi.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close