GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Inggris Ukir Sejarah Baru di Euro 2024: Raja Comeback Menuju Final!

Inggris Ukir Sejarah Baru di Euro 2024: Raja Comeback Menuju Final!
Timnas Inggris dijuluki sebagai raja comeback sepanjang gelaran Euro 2024. Kini mereka bersiap menghadapi Spanyol di partai final.

DORTMUND, PEWARTA - Timnas Inggris menorehkan prestasi gemilang di Euro 2024 dengan berhasil melaju ke partai final.

Kepastian itu didapat Inggris usai menumbangkan Belanda di babak semifinal dengan skor akhir 2-1.

Kemenangan ini semakin spesial karena diraih dengan cara comeback dramatis, menjadikannya tim pertama dalam sejarah turnamen yang lolos ke final melalui skenario kebangkitan di setiap fase knockout.

Duel sengit melawan Belanda di Stadion BVB, Dortmund, Jerman, pada Kamis (11/7/2024) dini hari WIB, menjadi saksi kebangkitan luar biasa Inggris.

Sempat tertinggal akibat gol cepat Xavi Simons di menit ketujuh, Inggris bangkit dan membalikkan keadaan melalui gol penentu Harry Kane (18') dan Ollie Watkins (90').

"Inggris adalah tim pertama yang mencapai final turnamen Euro setelah tertinggal di masing-masing babak 16 besar, perempatfinal, dan semifinal," ungkap UEFA dalam laman resminya, Kamis (11/7/2024).

Keahlian comeback Inggris sudah terlihat sejak babak 16 besar, di mana mereka berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 atas Slovakia di babak perpanjangan waktu.

Di perempatfinal, Inggris memaksa Swiss bermain adu penalti setelah menyamakan kedudukan 1-1. Dan di semifinal, giliran Belanda yang menjadi korban kehebatan Kane dan kawan-kawan.

Perjalanan gemilang ini tak lepas dari tangan dingin sang pelatih, Gareth Southgate. Ia pun menorehkan sejarah dengan menjadi pelatih ketiga yang sukses membawa timnya ke final Euro secara beruntun, mengikuti jejak Helmut Schön (Timnas Jerman Barat, 1972 dan 1976) dan Berti Vogts (1992 dan 1996).

"Bos Three Lions Southgate menjadi pelatih ketiga yang mencapai dua final Euro," tulis UEFA.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close