GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Dukung Kemajuan UMKM, Shopee Perluas Wilayah Jangkauan

 

Tampilan Shopee
Tampilan Shopee 
(Dok. Ist

PEWARTA.CO.ID - Shopee merupakan platform e-commerce yang mendukung ekosistem UMKM dan memajukan bisnis lokal di Indonesia. 

Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi UMKM dan merek lokal, tidak hanya di kota besar, tetapi juga di seluruh daerah Indonesia.

Melalui inisiatif Shopee Pilih Lokal, Shopee berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi domestik. Hingga paruh pertama tahun 2024, fitur Shopee Pilih Lokal berhasil menarik lebih dari 29 juta pengunjung. 

Fitur ini membantu pelaku usaha UMKM dan merek lokal mendapatkan eksposur yang lebih luas serta dukungan untuk memperkuat brand awareness di tingkat nasional.

Menurut Direktur Pemasaran Pertumbuhan Shopee Indonesia, Monica Vionna, UMKM dan merek lokal di daerah seperti Kabupaten Klaten, Pandeglang, dan Mojokerto mempunyai peningkatan transaksi tertinggi tahun ini. 

"Kami juga bangga dalam semester awal ini Shopee dapat berkontribusi menciptakan pasar yang positif, bahkan tidak hanya kepada para pelaku usaha lokal di pusat-pusat perkotaan," ujarnya dilansir detikFinance Kamis (4/7/2024).

Pengguna Shopee di berbagai pulau Indonesia terlihat dari tren produk lokal paling dicari.

Sebagai contoh, di wilayah Sumatera dan Jawa, fashion seperti celana perempuan dan batik menjadi ragam produk lokal yang paling banyak dibeli. Di sisi lain, kuliner khas seperti keripik pisang juga mendominasi produk terlaris. 

Sementara itu, di Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Kepulauan Nusa Tenggara, produk dari kategori kecantikan seperti sunscreen menjadi produk paling dicari di tengah tahun ini. Produk fashion dan aksesoris seperti sandal dan kacamata, juga menjadi daftar pencarian tertinggi. 

Di wilayah Papua, produk berteknologi tinggi, seperti case HP, paling dicari masyarakat, sementara kebutuhan Home & Living, seperti rak piring dan gorden untuk jendela, turut menjadi daftar produk yang paling dicari.

Selain itu, Shopee juga menghadirkan Program Shopee Ekspor, di mana lebih dari 26 juta produk lokal telah diekspor ke berbagai negara. 

Peningkatan transaksi produk ekspor pada awal tahun 2024 melonjak lebih dari 2 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close