GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Bandara VVIP IKN Siap Digunakan Agustus 2024, Menhub: Progres Sudah 60 Persen

Bandara VVIP IKN Siap Digunakan Agustus, Menhub: Progres Sudah 60 Persen
Ilustrasi. Desain bandara IKN Nusantara.

JAKARTA, PEWARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa Bandara VVIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, akan siap digunakan pada Agustus 2024.

Hal ini dikonfirmasi oleh Menhub setelah melakukan peninjauan langsung ke lokasi bandara tersebut kemarin.

Menurut Menhub, pembangunan Bandara VVIP IKN sudah mencapai 60 persen dan pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mempersiapkan sistem transportasi masa depan, yaitu autonomous rail transit (ART).

Dalam kunjungan beberapa hari lalu, Menhub menyatakan bahwa progres pembangunan di lokasi ini secara umum sudah baik dan masih dapat dioptimalkan, terutama untuk bangunan terminal bandara.

Menhub juga menjelaskan bahwa pembangunan landasan pacu fungsional Bandara IKN sedang diupayakan hingga mencapai panjang 2.200 meter guna menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saya mengapresiasi Pak Menteri PUPR beserta jajaran dan para pekerja yang telah bekerja keras untuk menyelesaikan proyek bandara ini. Kontribusi ini amat sangat berarti bagi kemajuan negeri," ujar Menhub.

Selain itu, Kemenhub juga telah menyiapkan jalur-jalur yang telah direncanakan. Beberapa teknis seperti pembangunan marka jalan telah berjalan dengan baik sesuai jadwal dan aspek teknisnya, yang dikerjakan bersama Kementerian PUPR.

Mengenai transportasi darat, terutama bus, Kemenhub juga telah berkoordinasi dengan otorita IKN. Diskusi ini untuk menentukan mana yang akan menjadi tanggung jawab otorita IKN dan mana yang menjadi kewajiban pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close