GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Anak Mau Masuk TK? Apa yang Perlu dipersiapkan Orang Tua?

 

Ilustrasi anak masuk TK
Ilustrasi anak masuk TK 
(Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID - Sebagai orang tua, Anda pasti ingin agar anak siap masuk TK dengan baik. 

Persiapan yang dilakukan oleh orang tua dengan seksama cenderung membuat si kecil lebih nyaman mengekspresikan diri. 

Tidak hanya itu, persiapan matang orang tua saat anak mau masuk TK membuatnya merasa antusias menunggu masa masuk sekolah.

Ragam Persiapan Orang Tua saat Anak Mau Masuk TK

Beberapa persiapan yang perlu dilakukan antara lain:

1. Kenalkan TK pada Anak Anda 

Sebelum memasuki TK, ajak anak untuk mengenal lingkungan sekolah TK. Ajak anak berkunjung ke TK dan berinteraksi dengan teman sebayanya. Hal ini akan membantu anak merasa lebih nyaman dan siap memasuki lingkungan TK.

2. Perkenalkan Alat-Alat Tulis 

Anak di TK akan mulai belajar menulis dan menggunakan alat-alat tulis seperti pensil, penghapus, atau krayon. Karena itu penting bagi orangtua untuk mengajarkan penggunaan alat tulis pada anak sebelum masuk TK.

3. Ajari Anak Duduk dengan Rapi 

Sejak awal, ajari anak untuk duduk dengan rapi. Fasilitasi anak dengan bangku atau meja seperti di kelas sehingga bisa belajar menggunakan alat tulis dengan tenang dan rapi.

4. Ajari Anak Bersosialisasi dengan Teman Sebaya 

Anak di TK akan diajarkan untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Oleh karena itu, ajari anak untuk bersosialisasi dengan teman-temannya sejak dini agar lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sosial di TK.

5. Beri Pemahaman tentang  TK yang Menarik 

Jelaskan pada anak tentang pentingnya sekolah TK dan ajarkan bahwa sekolah TK itu menarik dan menyenangkan. Motivasi yang positif seperti ini dapat membantu anak lebih antusias dan senang saat masuk TK.

6. Ajari tentang Toilet Training 

Mengajari anak tentang toilet training juga penting sebagai persiapan anak masuk TK. Hal ini akan membuat anak lebih mandiri dalam menangani kebutuhannya saat di sekolah dan menjaga kebersihan dirinya. Orangtua dapat melatih toilet training ini sejak anak berusia 3 tahun agar nantinya anak sudah terbiasa dan siap di sekolah TK.

7. Ajarkan Anak Disiplin dan Hormat kepada Guru

Sebelum anak masuk TK penting bagi orang tua menerapkan sifat sopan santun dan juga hormat kepada guru. Hal ini bertujuan agar nantinya saat sudah masuk anak terbiasa menerapkan sifat tersebut dan di masa mendatang mempunyai karakteristik disipilin. Membiasakan anak disiplin sejak dini memberikan banyak manfaat di masa depan terutama dalam penumbuhan karakter di lingkungan sekolah. 

Dengan melakukan persiapan yang tepat, anak Anda akan lebih siap dan nyaman saat memasuki dunia TK. Hal ini akan membantu anak lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan belajar formal dan aturan-aturan baru yang berlaku.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close