GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Tidak Perlu Khawatir, Begini Cara Mengatasi Rangka Motor Karatan Paling Efektif

 

Rangka motor mulai lapuk
Rangka motor mulai lapuk
(Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID - Sepeda motor merupakan kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat. 

Namun, untuk menjaga umur kendaraan tetap awet, motor perlu dirawat dengan baik terutama dalam hal pemeliharaan material-material yang terdapat di dalamnya, seperti besi, plastik, mika, kaca, dan lain sebagainya.

Salah satu masalah yang sering mendera pengendara dan kendaraannya adalah karat pada besi akibat persinggungan logam (Fe) dengan udara (O2) dan air (H20) yang bereaksi. Karat dapat muncul akibat dampak udara lembab, banjir atau genangan.

Kerusakan akibat karat, terutama pada rangka motor, seringkali sulit untuk terlihat. Oleh karena itu, para pemilik motor perlu mengetahui cara menghilangkan dan mencegah munculnya karat pada rangka sepeda motor. 

Cara Mengatasi Rangka Motor Berkarat

Berikut adalah 6 cara mudah untuk mengatasi karat pada rangka motor agar awet atau tahan lama: 

1. Cuci Motor Secara Berkala

Merawat dan membersihkan motor secara berkala akan membantu mencegah munculnya karat pada rangka atau sasis. Ketika motor dicuci, selain membersihkan motor dari debu, motor juga akan terlihat lebih segar dan penampilannya akan menjadi lebih baik.

Selain itu, mencuci motor secara teratur juga dapat membantu meningkatkan daya rekat, durabilitas, dan warna motor. Motor yang kotor dan tidak dicuci secara berkala bisa mengalami retakan pada beberapa bagian.

Sabun pencuci motor juga dapat membantu merawat dan memperpanjang umur motor, sehingga bagi pemilik motor yang ingin merawat kendaraannya sebaik-baiknya, memperhatikan cuci motor menjadi hal yang penting.

2. Bongkar Bodi Bila Perlu

Meskipun hal ini jarang dilakukan, namun kadang-kadang membongkar bagian bodi kendaraan seperti sepeda motor perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya karat pada beberapa komponen penting. Bodi kendaraan yang tebal dan padat menyebabkan sisi sasis kendaraan sulit untuk terlihat.

Namun, ini menjadi penting apabila motor memiliki umur yang cukup lama atau baru saja terkena banjir. Motor dengan umur yang cukup lama sudah seharusnya dilakukan pemeriksaan terhadap semua bagian, termasuk bagian sasis.

Untuk bagian-bagian tertentu pada rangka motor yang tidak terlihat, seperti bagian dalam bodi, perlu dibersihkan secara menyeluruh. Hal ini bisa dilakukan oleh orang yang mengerti perbaikan motor.

3. Pengecekan Sendi Rangka

Sendi pada rangka motor memiliki bagian-bagian penting yang harus diperiksa secara berkala, salah satunya adalah bagian pencekram fork atau bagian depan rangka motor. 

Pengecekan sendi rangka sangat penting karena karat dapat merusak rangka motor dan menurunkan keseimbangan kendaraan.

Selain itu, perlu juga diperiksa semua bagian yang menyangkut sasis dan rangka kelistrikan. Cukup pastikan sendi rangka tidak memiliki masalah atau rangka yang mulai terlihat kotor, maka bersihkan secara rutin.

4. Atur Bobot Kendaraan

Meskipun tidak sering ditemukan pada motor baru, namun beberapa kendaraan produksi tahun 2000-an, seperti bebek atau motor hatchback, memadati model satu ini dengan sasis yang tidak terlalu kuat. 

Oleh karena itu, penting untuk mengatur rangka kendaraan agar mempunyai struktur sasis yang tetap kuat dan aman digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Jika bobot mencapai batas maksimum tentu motor akan bekerja ekstra atau melebihi kapasitas sehingga tidak menuntut kemungkinan mengalami kerusakan secara berkala. 

5 Aturan Pemakaian

Pemakaian kendaraan yang tidak sesuai dengan kewajaran akan membuat motor terlampaui jarak tempuhnya dan menyebabkan kerusakan rangka, dan memicu munculnya karat pada rangka sepeda motor.

Oleh karena itu, pastikan untuk tetap menjaga kondisi kendaraan dengan baik, mencuci, memeriksa kondisi sasis, dan menjaga bobot kendaraan.

Aturan pemakaian setiap motor tergantung dengan jenisnya, CC, hingga tahun keluarannya. 

6. Gunakan Cairan Penghilang Karat

Jika sudah rutin membersihkan rangka sepeda motor, namun karat masih kerap muncul. Sehingga, pemilik kendaraan perlu mempertimbangkan untuk menggunakan perlindungan ekstra dengan menggunakan alat atau cairan penghilang karat.

Cairan penghilang karat memiliki kandungan yang dapat membantu menghilangkan karat pada besi dan memberikan efek perawatan pada permukaan kelistrikan dengan menjaga kadar viskositasnya. 

Selain itu, material besi juga tetap kuat untuk menahan bobot kendaraan yang dianjurkan untuk waktu yang lebih lama dengan perawatan melalui cairan.

Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah merawat sepeda motor kamu sekarang sebelum kerusakan akibat karat pada rangka kendaraan menjadi semakin parah!

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close