GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata, Gajinya Bikin Ngiler!

Prospek Kerja Jurusan Pariwisata, Gajinya Bikin Ngiler!
Prospek kerja jurusan Pariwisata (Dok. Ist)


Pewarta.co.id Peluang karir di bidang pariwisata sangat menarik, terutama karena semakin banyaknya orang yang mencari pengalaman dan petualangan baru di tempat-tempat wisata.

Namun, dengan kesempatan yang besar ini, persaingan dalam industri pariwisata pun semakin ketat.

Meskipun demikian Kamu tidak perlu khawatir, sebab ada banyak prospek kerja jurusan pariwisata yang cukup menguntungkan.

7 Prospek Kerja Jurusan Pariwisata

Jurusan pariwisata sendiri bisa Kamu tempuh sejak duduk di bangku SMK. Dimana jurusan ini menawarkan prospek kerja yang cukup luas, seperti:

1. Travel Agents Lokal hingga Mancanegara

Jika kamu menyukai budaya dan tempat wisata, menjadi travel agent adalah pilihan karir di bidang pariwisata yang tepat. 

Sebagai travel agent, kamu membantu para turis lokal maupun mancanegara dalam merencanakan perjalanan mereka. 

Kamu akan menjadi tour guide profesional yang membimbing para turis mengunjungi tempat wisata, sambil memberikan penjelasan mengenai sejarah dan budaya daerah yang dikunjungi. 

Selain itu, kamu juga bisa mengelola dan mengembangkan bisnis agensi travel melalui beberapa cara seperti promosi. 

Posisi travel agent ini umumnya menawarkan gaji yang setara dengan UMR. Namun, jika kamu sudah memiliki bisnis sendiri atau menjadi tour guide yang sangat menguasai daerah tertentu, gaji kamu bisa mencapai jutaan rupiah per minggu.

2. Hospitality

Jumlah turis yang terus meningkat selalu memerlukan tempat bertempat tinggal, sehingga posisi di bidang hospitality menjadi sangat penting. Bekerja dalam hospitasliy berarti kamu harus memiliki keahlian di bidang perhotelan. 

Jika kamu memiliki latar belakang pendidikan di bidang perhotelan, kamu akan lebih mudah bersaing dalam mencari pekerjaan di orang lain. 

Peluang karir di bidang hospitality sangat menjanjikan dan sangat didukung oleh industri pariwisata yang selalu berkembang.

Posisi di bidang hospitality biasanya menawarkan gaji yang sama dengan UMR, namun dengan reputasi yang terus meningkat di tempat bekerja, gaji kamu pun semakin meningkat. 

Karir di bidang hospitality sangat terbuka, jadi ini adalah pilihan karir yang menjanjikan.

3.Entrepreneur

Jika kamu memiliki sifat kreatif dan suka membuat ide-ide baru, maka membuka usaha dalam bidang pariwisata adalah solusi yang tepat. 

Banyak lulusan sekolah pariwisata yang memutuskan untuk menjadi entrepreneur, mengambil untung dari pengalaman mereka di industri ini. 

Banyak ide usaha yang bisa dijalankan, mulai dari bisnis katering, make up artist, hingga butik dengan merancang pakaian mereka sendiri.

Untuk mengembangkan usaha di bidang pariwisata, persyaratan perlu diketahui dengan baik. 

Setidaknya Kamu harus memiliki pengetahuan mendalam tentang bisnis boga, make up, dan busana, jadi peluang karir di bidang pariwisata sangat terbuka.

4. Pelayaran

Pelayaran atau cruising juga menjadi pilihan popular di bidang pariwisata. Sebagai seorang awak kapal pesiar, kamu akan menjadi bagian dari tim yang bertugas menyediakan pelayanan lengkap kepada para pengunjung..

Lulusan pariwisata umumnya diunggulkan saat mendaftar pekerjaan di kapal pesiar, karenanya kamu akan punya peluang yang baik untuk meniti karir di industri ini.

Seperti yang kita tahu, gaji di kapal pesiar sangat menggiurkan, bahkan mencapai puluhan juta rupiah per bulan. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa bepergian ke banyak belahan dunia, menemukan dan mengalami petualangan baru.

5. Instansi Pemerintahan

Selain di industri swasta, kamu juga bisa mencari pekerjaan di instansi pemerintahan yang memerlukan lulusan pariwisata.

Ada beberapa instansi pemerintah, seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta BUMN seperti Garuda Indonesia atau PT Kereta Api Indonesia, yang membuka lowongan kerja.

Gaji di instansi pemerintahan memang lebih kecil dari industri swasta, namun kamu akan menerima banyak tunjangan dan bonus lainnya. 

Karir di instansi pemerintahan juga menjanjikan, karena selain keamanan pekerjaan yang tinggi, kamu juga berkesempatan untuk bergabung dengan program-program besar yang berskala nasional.

6. Pemandu Wisata

Sebagai seorang pemandu wisata, kamu akan menjadi orang yang paling mengetahui tentang kondisi wisata di daerahmu. 

Kamu akan menjadi pemandu yang ahli dan memuaskan, memberikan informasi seputar lingkungan wisata, sejarah dan budaya daerah, serta menjelaskan tempat yang layak untuk dikunjungi di wilayah Kamu. 

Oleh karenanya, kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik serta pengetahuan yang mendalam akan sangat dibutuhkan di posisi pemandu wisata.

7. Wedding Organizer

Seorang lulusan pariwisata akan sangat cocok untuk menjadi wedding organizer atau wedding planner. 

Kamu akan kerap bekerja di dekat wisata, dan memiliki kesempatan untuk mengelola acara pernikahan. 

Selain membutuhkan ketelitian, kamu juga akan diberi tugas untuk melakukan negosiasi dengan berbagai vendor, agar klien dapat puas dengan layanan yang kamu berikan.

Itulah beberapa pilihan karir di bidang pariwisata yang bisa kamu pilih. Peluang karir di bidang pariwisata sangat menjanjikan, namun tentunya seiring dengan persaingan yang ketat. 

Oleh karenanya, gunakan pengetahuan dan pengalamanmu semaksimal mungkin, sehingga peluangmu untuk sukses di industri pariwisata akan semakin terbuka.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close