GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Masih Musim Hujan? Ini Rekomendasi Makanan dan Minuman Anti Bosan!

 

Mie instan rebus
Mie instan rebus
(Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID - Indonesia memiliki dua musim, yaitu kemarau dan hujan. Pada saat musim hujan, suhu akan menjadi lebih dingin sehingga perlu makanan yang mampu menghangatkan tubuh kita. 

Di sisi lain, suasana dingin akibat hujan dapat bermanfaat bagi tubuh kita. Hal tersebut mampu meningkatkan kualitas tidur. 

Namun, orang yang tidak tahan pada suasana dingin tidak dapat merasakan manfaat tersebut.

Ragam Makanan Cocok untuk Musim Hujan 

Berikut adalah pilihan aneka makanan musim hujan yang bikin Anda anti Bosan:

1. Mie rebus instan

Mie rebus instan yang masih panas mengepul dapat menjadi pilihan yang tepat. Apalagi cara pembuatannya yang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama sehingga tubuh tetap terjaga kehangatannya. 

Tambahkan telur dan potongan sayuran seperti sawi guna memberikan nutrisi yang lebih kompleks.

2.Sup

Kuah kaldu ayam dicampur dengan aneka rempah sop dapat menjaga kehangatan tubuh kita. Kini banyak tersedia bumbu sop instan sehingga Anda dapat membuatnya dengan cepat di rumah.

Tambahkan wortel, buncis, bakso, sosis, dan potongan daging ayam untuk membuatnya lebih sehat dan lezat.

3.Bakso

Adonan daging yang dibentuk bulat serta kuah gurih dari kaldu sapi membuat bakso menjadi makanan musim hujan yang favorit orang-orang. Anda bisa membeli bumbu bakso instan lalu membuatnya sendiri di rumah.

Beri mie dan sayuran seperti sawi atau kecambah untuk memberikan rasa yang beragam dan bergizi.

4.Soto

Ada lebih dari 10 jenis soto yang beredar di Indonesia. Banyaknya jenis ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia menyukai makanan berkuah yang hangat, terutama saat musim hujan. 

Apapun jenis soto yang Anda nikmati, tambahkan perasan jeruk nipis di atas kuah tersebut. Rasa kecut ini menambah kesegaran pada semangkuk soto yang Anda nikmati bersama keluarga.

5. Pempek

Makanan khas Sumatra ini cocok sebagai makanan musim hujan karena terasa segar dengan tambahan kuah cuko. 

Rasa kecut dan manis yang dipadukan dengan gurihnya pempek membuatnya pas untuk dinikmati pada saat hujan.

6. Aneka Gorengan 

Gorengan memang disukai oleh masyarakat Indonesia. Makanan ringan ini masih cocok untuk dinikmati saat suasana dingin karena hujan. 

Rekomendasi gorengan yang cocok saat cuaca dingin adalah pisang goreng, bakwan atau bala-bala, tahu goreng, dan tempe goreng. Tambahkan cabe rawit mentah agar gorengan terasa pedas dan lebih menghangatkan tubuh.

7. Seblak 

Seblak kini sudah banyak ditemukan di mana-mana meskipun berasal dari Bandung. Makanan ini identik dengan semangkuk mie berkuah yang harus disantap selagi masih hangat. 

Rasa pedas dan bumbu kecurnya yang khas menambah rasa hangat pada tubuh Anda ketika menyantapnya. Namun perhatikan tingkat kepedasan seblak agar tetap sehat.

Minuman Penghangat Tubuh saat Musim Hujan

Berikut ini sejumlah minuman yang cocok dikonsumsi saat musim hujan sekaligus berperan untuk menghangatkan tubuh:

1.Wedang Ronde

Minuman ini dipadukan dengan aneka isian seperti bola-bola kecil terbuat dari tepung ketan, kacang sangrai, kolang-kaling, dan roti tawar. Kuah jahe dari wedang ronde cukup nikmat dinikmati di malam hari sembari menghangatkan tubuh di musim hujan.

2. Bubur Kacang Hijau

Kacang hijau direbus dan dicampurkan dengan kuah manis. Kacang hijau hangat adalah pilihan minuman musim hujan yang mampu menghangatkan tubuh.

3. Angsle 

Minuman ini adalah kuah jahe yang hangat ditambah dengan isian roti tawar, kacang sangrai, dan mutiara. Perbedaannya dengan wedang ronde terletak pada penambahan roti tawar. Minuman ini cocok dinikmati pada malam hari saat udara sudah dingin.

4. Coklat Hangat 

Bubuk coklat tersedia di mana-mana sehingga Anda dapat menyeduhnya dengan air hangat dan menambahkan roti tawar untuk rasa yang lebih nikmat.

5. Bajigur Bandrek

Minuman ini berasal dari Jawa Barat dan terbuat dari gula aren dan santan (bajigur) atau jahe dan gula merah (bandrek). Minuman ini dapat membantu menghangatkan tubuh.

Gimana sudah ada gambaran mengonsumsi makanan yang mana saat musim penghujan? Pastikan makanan yang dikonsumsi baik untuk kesehatan mengingat cuaca sulit diprediksi.

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close