GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Makanan Khas Solo, Ada yang Sering adi Favorit Turis Asing!

 

Nasi Liwet khas Solo
Nasi Liwet khas Solo
(Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID - Makanan khas Solo selalu menjadi daya tarik bagi para pelancong maupun turis asing yang mengunjungi Kota Batik. 

Selain memiliki beragam tempat wisata menarik untuk dikunjungi, Solo juga menjadi surga kuliner yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Ragam Makanan Khas Solo yang Sering jadi Favorit Banyak Orang

Berikut adalah daftar 10 makanan khas Solo yang paling dicari dan dijamin nagih!

1. Lenjongan Pasar Gede

Makanan terbuat dari singkong ini biasanya berisi beberapa jenis makanan seperti grontol atau jagung, jongkong, gendar, sawut, klepon, tiwul, getuk, ketan hitam, cenil, dan ketan putih yang diberi parutan kelapa di atasnya dan diberi juruh atau gula jawa yang dicairkan. 

2. Serabi Notosuman

Makanan khas ini terbuat dari adonan tepung beras, santan, dan gula jawa atau gula pasir di tengahnya dan dimasak menggunakan tungku kecil yang memberikan aroma khas. Kamu bisa menemukan makanan ini di berbagai tempat di Solo.

3.Nasi Liwet

Salah satu tempat yang terkenal dengan nasi liwetnya adalah Nasi Liwet Wongso Lemu yang sudah berdiri sejak tahun 1950. Makanan ini terdiri dari nasi gurih, telur rebus, ayam suwir, sayur labu, dan sambal dengan harga mulai Rp 10 ribuan saja.

4. Bubur Gudeg Solo

Makanan khas yang dinikmati dengan bubur ini memiliki rasa lembut dan gurih dari campuran santan di dalamnya. Kamu bisa menemukan bubur gudeg ini di beberapa tempat di Solo.

5. Sate Kere Solo

Sate Kare terbuat dari tempe gembus ini dijual dengan harga hanya Rp 5000 dan bisa kamu nikmati di Sate Kere Yu Rebi yang buka setiap hari pukul 5 sore.

6. Timlo Sastro

Makanan khas dengan kaldu bening yang gurih ini bisa kamu nikmati dengan tambahan daging ayam suwir, ampela, ati, potongan telur pindang, sosis solo, dan nasi putih dengan harga mulai Rp 8 ribuan saja.

7. Sate Buntel 

Makanan khas yang terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing ini memiliki cita rasa gurih dan wangi. Kamu bisa menemukan sate buntel di beberapa tempat di Solo.

8. Es Gempol Pleret

Minuman khas Solo yang menyegarkan ini terbuat dari adonan tepung beras dan campuran gula jawa dan tepung beras halus yang dicampur dengan santan cair, es batu, dan gula Jawa yang dicairkan. Kamu bisa menemukannya dengan harga Rp 5 ribu.

9. Tahok Pak Citro

Tahok dari tahu dan dinikmati dengan kuah gula Jawa, jahe, dan rempah lainnya ini bisa kamu nikmati dengan harga yang terjangkau.

10. Selat Solo

Selat khas Solo yang paling dicari ini terdiri dari olahan daging, kentang goreng, sayur seperti buncis dan wortel rebus, dan saus coklat bercita rasa manis gurih. Kamu bisa menemukan makanan ini di beberapa tempat di Solo.

Semua makanan khas Solo tersebut memiliki cita rasa otentik dan lezat, dan harganya sangat terjangkau. Jadi, mana yang akan kamu coba pertama kali?

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close