GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Jokowi Pilih Semarang untuk Salat Idul Adha Terakhir sebagai Presiden, Ini Alasannya

Jokowi Pilih Semarang untuk Salat Idul Adha Terakhir sebagai Presiden, Ini Alasannya
Presiden Jokowi melaksanakan salat Idul Adha di Simpanglima, Semarang, Senin (17/6).

SEMARANG, PEWARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan salat Idul Adha di Simpanglima Semarang, pada Senin (17/6/2024).

Ini merupakan salat Idul Adha terakhirnya sebagai Presiden Republik Indonesia.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, menyampaikan, Presiden Jokowi ditemani oleh Ibu Negara Iriana Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Mereka memulai salat Id pada pukul 06.30 WIB.

Keputusan ini diambil sebagai upaya Presiden untuk menjalin silaturahmi dengan teman dan sahabat di Jawa Tengah.

Selain itu, menurut Ngabalin, keputusan untuk salat Iduladha di Semarang telah direncanakan sejak lama.

Semarang dipilih karena selama dua periode kepemimpinannya, Presiden Jokowi jarang berada di Jawa Tengah pada saat perayaan hari besar Islam.

"Pertimbangan Presiden salat Ied di Semarang karena kunjungan kerja di sana? Itu satu. Yang kedua, memang perjalanan Presiden selalu direncanakan karena selama menjadi Presiden dua periode, hari besar Islam hampir tidak pernah dihadiri oleh Presiden di wilayah seperti Jawa Tengah (Semarang)," kata Ngabalin, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV, Minggu (16/6/2024).

"Di penghujung masa jabatannya ini, sebagai bentuk sapaan kepada teman, kawan, dan sahabat yang lebih banyak di Jawa Tengah, dan momentumnya juga bisa untuk lebih dekat dalam bersilaturahmi," lanjut Ngabalin.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin, merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 H dengan melaksanakan salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta, pagi tadi.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, menyatakan, Wapres didampingi oleh Ibu Hj. Wury Ma'ruf Amin dalam agenda salat Idul Adha 2024 tersebut.

Setelah salat Id, Wapres menyerahkan secara langsung seekor sapi kurban kepada Imam Besar Masjid Istiqlal. Sapi kurban tersebut adalah jenis Limosin dengan berat 1.164 kilogram atau sekitar 1,1 ton.

"Idul Adha 1445 Hijriah nanti, insya Allah, Wapres Prof. K.H. Ma'ruf Amin dan Ibu Wury akan salat Ied di Masjid Istiqlal," kata Masduki dalam keterangannya, Jumat (14/6/2024).

"Terkait kurban, secara simbolik Wapres akan menyerahkan sapi jantan yang tidak jauh berbeda dengan sapi kurban milik Presiden Joko Widodo, kepada Imam Besar Masjid Istiqlal setelah salat Ied," tambahnya.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close