GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

ITB Buka Pendaftaran KIP Kuliah 2024, Begini Cara Daftarnya!

ITB Buka Pendaftaran KIP Kuliah 2024, Begini Cara Daftarnya!
Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (Dok. Ist)


Pewarta.co.id Institut Teknologi Bandung atau ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2024. 

KIP Kuliah adalah bantuan dari pemerintah untuk membantu siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. 

ITB memberikan kesempatan ini untuk semua mahasiswa dari tiga jalur penerimaan, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri (SM).

Syarat Mengajukan Beasiswa KIP Kuliah di ITB

Namun, agar bisa mendapatkan bantuan ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

1. Lulusan SMA, SMK, atau bentuk lain yang setara yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal lulus dua tahun sebelumnya.

2. Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi Akademik atau Perguruan Tinggi Vokasi baik PTN atau PTS yang telah terakreditasi pada Program Studi yang juga telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.

3. Memiliki potensi akademik yang baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus, yang didukung bukti dokumen yang sah.

Akses Pendaftaran Beasiswanya KIP Kuliah 

Seluruh syarat lengkap untuk pendaftaran bisa diakses di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/panduan

Pendaftaran akun siswa KIP-Kuliah dibuka sejak tanggal 12 Februari 2024 hingga 31 Oktober 2024. Proses pendaftaran dilakukan di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

ITB menegaskan bahwa mereka akan melakukan verifikasi dan validasi data calon penerima KIP Kuliah

Data tersebut lalu dilakukan verifikasi ulang oleh Kemendikbudristek untuk ditetapkan sebagai penerima.

Selain KIP Kuliah, ITB juga menyediakan berbagai program beasiswa untuk mahasiswa baru yang terkendala dengan biaya, program beasiswa ini bermanfaat untuk biaya hidup hingga pembayaran UKT. 

Mahasiswa ITB dapat mengakses informasi terkait dengan program beasiswa ini di https://kemahasiswaan.itb.ac.id/beasiswa/

Semua calon mahasiswa berkesempatan untuk mendapatkan bantuan pendidikan tersebut selama memenuhi persyaratan yang ada. 

Penting untuk diingat agar teliti dalam mengisi persyaratan dan tidak mengganti kontak selama proses verifikasi dan validasi agar mudah dihubungi.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close