GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Ibu-ibu Wajib Tau, Ini Ide Usaha Rumahan yang Bikin Dompet Gendut!

 

Ibu rumah tangga berjualan sayur
Ibu rumah tangga berjualan sayur
(Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID - Ingin menambah penghasilan tanpa meninggalkan rumah? Tidak perlu khawatir! 

Ibu rumah tangga bisa memulai usaha rumahan dengan menawarkan berbagai barang atau jasa. 

Ragam Ide Usaha Rumahan untuk Ibu-ibu

Berikut ini adalah sepuluh ide usaha untuk ibu rumah tangga:

1. Katering Rumahan 

Ibu yang gemar memasak bisa membuka usaha katering rumahan untuk acara kecil atau makan sehari-hari. 

Ibu bisa menentukan menu masakan dan cara mempromosikan usaha untuk memulai bisnisnya. Modal dapat disesuaikan dengan spesialisasi menu yang dipilih.

2. Jual Makanan Ringan Kreatif 

Ibu bisa menciptakan makanan ringan kreatif seperti cookies, puding, snack asing, dan lain-lain. 

Sebelumnya, ibu perlu melakukan riset untuk memastikan produk Ibu sesuai dengan permintaan pasar.

3. Jual-Beli Tanaman Hias 

Setelah pandemi, minat masyarakat terhadap tanaman hias meningkat.

 Jual-beli tanaman hias bisa menjadi pilihan bisnis untuk ibu rumah tangga yang gemar berkebun.

4. Jual Produk Hasil Kreativitas 

Ibu yang pandai membuat beragam produk hasil kreativitas, seperti barang-barang serbaguna dari bahan bekas, dapat memonetisasikan bakatnya dengan modal ekonomis.

Penjualan barang hasil kreativitas cenderung disukai lantaran bisa dijadikan sebagai oleh-oleh ataupun produk kreatif. 

5. Laundry

Jasa cuci-setrika merupakan bisnis yang cocok untuk dikerjakan di rumah. Ibu bisa menawarkan laundry kiloan dengan harga terjangkau untuk menarik konsumen di sekitar wilayah Ibu tinggal.

Anda hanya membutuhkan peralatan berupa ember, mesin cuci, setrika, pewangi, dan sejumlah detergen untuk menunjang pekerjaan. 

6. Jasa Jahit 

Ibu yang mahir menjahit bisa membuka bisnis jahit pada rumah. Ibu dapat mengerjakan pesanan dari rumah tanpa perlu membayar sewa tempat.

Beberapa ibu rumah tangga juga ada yang sukses usai menjalankan usaha permak pakaian. Bahkan tidak sedikit pula yang akhirnya mempunyai butik sendiri. 

7. Buka Jasa Les Privat

Memberikan Les Privat kepada Anak Sekolah Ibu dapat menawarkan jasa les privat kepada anak-anak sekolah untuk mata pelajaran tertentu di rumah.

Memberikan Les Privat sesuai Keahlian yang Dimiliki Ibu dapat memberikan les privat untuk menyalurkan keahlian yang dimilikinya seperti memasak, baking, bermain musik atau melukis.

8 Menjadi Freelance Sesuai Skill yang Dimiliki 

Freelance menawarkan fleksibilitas sehingga ibu dapat menjalankan tugas di mana saja. Ibu bisa mencoba menjadi freelance writer, freelance graphic designer, freelance social media specialist, dan sebagainya.

Untuk mendapatkan job freelance, Anda bisa mengunjungi situs-situs tertentu dan juga mengikuti akun yang kerap membagikan rangakaian informasi mengenai lowongan kerja paruh waktu. 

9. Menjadi Reseller Produk Tertentu 

Ibu bisa menjadi reseller dan menawarkan produk tertentu untuk dijual. Bisnis ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja untuk mempertahankan penghasilan tambahan.

Anda juga bisa menawarkan sejumlah produk dengan memanfaatkan keberadaan e-commerce seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan masih banyak lagi. 

10. Jualan Sayur

Punya meja kosong atau gerobakan bisa juga dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk menjual sayuran segar. Penjualan sayuran cenderung menguntungkan lantaran dibutuhkan oleh semua orang. 

Pastikan agar Anda menjual sayur berkualitas dan mengambil dari grosir. Dengan begitu harga yang didapatkan bisa terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. 

Biasanya ibu rumah tangga sangat disarankan untuk menempuh pekerjaan yang dapat dipantau tanpa meninggalkan tugas utama. Bagaimana sudah ada gambaran untuk mencoba usaha?

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close