GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Benar, Terapkan Mulai Sekarang!

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Benar, Terapkan Mulai Sekarang!
Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut (Dok. Ist)


Pewarta.co.id Mengutamakan kesehatan gigi dan mulut adalah hal yang penting untuk dilakukan setiap hari. 

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dengan Benar

Selain menjaga kesehatan secara umum, menjaga kesehatan gigi dan mulut dapat mencegah berbagai masalah gigi yang lebih serius di masa depan. 

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat:

1. Memilih sikat gigi yang tepat 

Sikat gigi dengan bulu lembut dan ujung yang kecil membulat dapat membantu memperbaiki kesehatan gigi dan mulut Anda. 

Sikat gigi harus diganti setiap tiga bulan sekali agar tetap efektif. Hindari sikat gigi yang terlalu kasar dan menggosok gigi terlalu keras karena bisa merusak enamel gigi. 

Selain itu, sikat gigi juga perlu digunakan dengan gerakan memutar dan tidak terlalu menekan gigi.

2. Flossing 

Flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi perlu dilakukan setiap sehari sekali. 

Flossing dilakukan untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Cara menggunakan benang gigi yaitu dengan melilitkan salah satu ujung benang gigi di jari telunjuk tangan kanan dan ujung benang gigi lainnya di jari telunjuk tangan kiri. 

Lalu, jepit kedua ujung benang gigi dengan jari telunjuk dan ibu jari. Biarkan benang gigi tetap tegang dan bersihkan sela gigi satu per satu dengan benang tersebut.

3. Kurangi konsumsi makanan manis dan minuman bersoda 

Minuman dan makanan manis, seperti minuman berenergi, biskuit, roti, dan kue, yang dikonsumsi berlebihan dapat merusak kesehatan gigi dan menyebabkan gigi berlubang. 

Kandungan gula dan asam pada minuman bersoda juga dapat memicu kerusakan gigi, seperti gigi berlubang. 

4. Hindari merokok 

Merokok dapat menyebabkan perubahan warna gigi, membuat gigi rapuh dan mudah patah, serta meningkatkan risiko terkena kanker mulut. 

Oleh karena itu, menghindari merokok adalah cara mudah lainnya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

5. Menggunakan obat kumur 

Obat kumur dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut tetap bersih karena dapat membersihkan area gigi maupun mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi atau flossing. 

Sebelum berkumur, pastikan untuk menggosok gigi terlebih dahulu agar tidak menghambat kerja chlorhexidine dalam obat kumur. 

Setelah itu, tuangkan obat kumur sebanyak 2 sendok teh ke dalam tutup botol dan berkumur selama 1 menit lalu keluarkan dari mulut.

6. Melakukan Oil pulling 

Oil pulling dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan mengurangi penumpukan plak di gigi. Anda dapat melakukan oil pulling dengan menggunakan 1 sendok makan minyak kelapa atau minyak wijen. 

Berkumurlah dengan minyak tersebut selama 15–20 menit lalu bilas mulut dengan air bersih. Setelah itu, sikatlah gigi Anda seperti biasa.

7. Berkonsultasi ke dokter gigi secara rutin

Memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali adalah penting untuk mendeteksi secara dini jika ada masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut. 

Kebiasaan sehari-hari seperti menggosok gigi 2 kali sehari, flossing, mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis, menghindari merokok, menggunakan obat kumur, dan lainnya dapat meningkatkan kesehatan gigi. 

Selain itu, pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan makanan bergizi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, serta minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. 

Jika Anda mengalami keluhan, seperti gusi berdarah, gusi turun atau gigi lepas dengan sendirinya, sakit saat mengunyah, serta bau mulut yang tidak kunjung membaik, segera konsultasikan kepada dokter gigi agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Rekomendasi Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, selain melakukan cara-cara seperti menggosok gigi dan periksakan ke dokter gigi secara rutin, Anda juga dapat memilih makanan yang tepat. 

Beberapa makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut yang dapat kita konsumsi meliputi:

1.Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam mengandung kalsium dan serat yang dapat membantu membersihkan gigi dan memperkuatnya.

2. Buah-buahan 

Buah-buahan berair seperti apel, pir, dan semangka mengandung banyak air dan membantu membersihkan sisa-sisa makanan dari gigi serta merangsang produksi air liur.

3. Produk Susu

Produk susu seperti susu, yogurt, dan keju mengandung kalsium dan fosfor yang dapat membantu meminimalkan kerusakan gigi.

4. Biji-bijian

Berbagai biji-bijian dan kacang-kacangan seperti almond dan beras merah mengandung fosfor yang membantu memperkuat enamel gigi.

5. Ikan

Ikan seperti salmon dan sarden mengandung vitamin D dan kalsium yang mendukung kesehatan gigi.

Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, gigi dan mulut kita dapat tetap sehat dan terjaga dari masalah kesehatan gigi yang serius. 

Namun, pastikan juga untuk tetap menggosok gigi dua kali sehari dan melakukan perawatan gigi dan mulut dengan benar. 

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut kita ke dokter gigi secara teratur untuk mendeteksi masalah pada gigi dan mulut kita sejak dini.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close