GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Tanpa Efek Samping, Rugi Baru Tau Sekarang!

 

Ilustrasi orang batuk
Ilustrasi orang batuk
(Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID - Batuk adalah mekanisme alami tubuh untuk membersihkan lendir dari sistem pernapasan sehingga memudahkan bernapas. 

Salah satu jenis batuk yang umum terjadi adalah batuk berdahak, terutama pada musim hujan yang meningkatkan risiko terkena flu atau pilek. 

Meskipun terlihat seperti penyakit ringan, batuk berdahak dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pakai Bahan Alami

Selain penggunaan obat-obatan, terdapat beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi batuk berdahak, yaitu:

1. Bawang Putih 

Bawang putih mengandung nutrisi allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Allicin memiliki aktivitas antimikroba yang efektif melawan berbagai bakteri penyebab batuk berdahak. 

Konsumsi bawang putih mentah atau dimasak dalam makanan dapat membantu meredakan batuk berdahak.

2. Jahe 

Jahe mengandung zat antiinflamasi alami yang dapat meredakan iritasi, kekeringan, dan lendir di tenggorokan

Cara membuatnya adalah merebus beberapa ruas jahe dalam air selama 10-15 menit, lalu tuangkan ke dalam cangkir dan nikmati selagi hangat.

3. Kunyit 

Kandungan senyawa kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang kuat dan telah terbukti efektif meredakan gejala batuk berdahak. 

Penggunaan kunyit dengan lada hitam dapat meningkatkan efektivitasnya karena kandungan piperine dalam lada hitam meningkatkan penyerapan kunyit dalam tubuh.

4. Menghirup Uap 

Menghirup uap air hangat atau ditambahkan dengan minyak esensial seperti minyak kayu putih atau minyak rosemary dapat membantu meredakan batuk berdahak. 

Caranya mudah, cobalah mandi air hangat dan biarkan ruangan terisi uap. Selain itu, bisa juga menuangkan air panas ke dalam mangkuk dan menambahkan beberapa tetes minyak esensial, lalu menghirup uapnya. Pastikan untuk menutup kepala dengan handuk agar menghirup uap lebih efektif.

5. Teh Thyme dan Cengkeh 

Thyme dan cengkeh memiliki sifat antimikroba dan dapat membantu tubuh melawan infeksi saluran pernapasan atas. 

Membuat teh dari thyme segar dan daun cengkeh dengan merebus selama 10 menit kemudian menyerup saja setelah menggunakan saringan.

6. Berkumur Air Garam 

Air garam memiliki sifat mengurangi dahak dan lendir pada bagian belakang tenggorokan serta membantu membunuh kuman di mulut dan tenggorokan. 

Cara menggunakannya mudah, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat kemudian aduk sampai larut. Berkumurlah dengan air garam beberapa kali dalam sehari hingga batuk membaik.

7. Jeruk Nipis dengan Kecap atau Madu 

Jeruk nipis memiliki kandungan minyak atsiri yang melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan dan mempercepat mengeluarkan lendir pada tenggorokan. 

Campuran jeruk nipis dan kecap atau madu bisa meredakan batuk berdahak. Squeeze satu buah jeruk nipis dan tambahkan kecap atau madu sesuai selera.

8. Peppermint 

Daun peppermint mengandung menthol yang efektif meredakan gejala batuk berdahak. 

Caranya dengan menyerup daun peppermint atau bisa meminum teh yang telah dicampur dengan minyak peppermint.

9. Daun Sirih dan Jahe 

Campuran daun sirih dan jahe membantu meredakan batuk berdahak karena daun sirih mengandung zat antimikroba dan jahe memiliki sifat antiinflamasi. 

Caranya dengan merebus beberapa lembar daun sirih yang sudah dipotong-potong dan tambahkan jahe, kemudian minum air rebusannya minimal satu hari sekali.

10. Minuman Hangat 

Minuman hangat dapat meredakan kekeringan pada tenggorokan dan melegakan saluran pernapasan. 

Konsumsi teh, susu hangat, atau sup hangat yang akan membantu mengencerkan lendir dan membantu melonggarkan batuk berdahak.

11. Bromelin 

Enzim bromelin yang berasal dari nanas juga efektif meredakan gejala batuk berdahak. 

Konsumsi jus nanas atau suplemen dengan kandungan bromelin dapat memberikan manfaat positif untuk tubuh, namun sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

12. Probiotik 

Probiotik membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan menyeimbangkan bakteri di usus. Dengan kekebalan yang sehat, tubuh dapat melawan infeksi penyebab batuk berdahak. 

Beberapa jenis probiotik seperti Lactobacillus dapat mencegah flu biasa dan mengurangi frekuensi infeksi saluran pernapasan pada anak-anak.

13. Lakukan Tindakan Preventif 

Selain pengobatan alami di atas, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah batuk berdahak semakin parah, seperti memakai jaket, minum air jahe atau minuman yang hangat, dan beristirahat yang cukup. 

Hindari pula berdekatan dengan pengidap flu dan batuk lainnya.

Itulah beberapa obat batuk berdahak berbahan alami yang dapat dicoba untuk meredakan batuk dan mempercepat pemulihan. Menggunakan bahan-bahan alami tersebut juga merupakan cara yang lebih aman dan baik untuk tubuh

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close