GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Bikin Kinclong Kembali, Begini Cara Mengatasi Body Motor Baret!

 

Motor baret
Motor tergores 
(Dok. Ist)

PEWARTA.CO.ID - Sebagai pemilik sepeda motor, pasti ingin mempertahankan kondisi body motor yang mulus tanpa adanya baret atau lecet. 

Namun, masalah seperti ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa disadari. Meskipun kondisi body motor yang lecet tidak memengaruhi kinerja mesin saat dikendarai, namun tentunya akan menurunkan tingkat kepercayaan diri saat mengendarai.

Ada beberapa penyebab terjadinya baret atau lecet di body motor, seperti senggolan dengan pengendara lain, bergesekan saat parkir, hingga tergores benda-benda kecil seperti kunci motor atau gantungan kunci. 

Cara Mengatasi Motor Baret Paling Efektif

Namun, tidak perlu panik karena ada beberapa cara untuk mengatasi baret pada sepeda motor yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut adalah cara menghilangkan baret pada motor:

1. Membersihkan Body Motor

Sebelum menghilangkan baret atau lecet pada body motor, pastikan terlebih dahulu untuk membersihkan motor seperti biasa. Kemudian keringkan body dengan kain lap halus, sehingga baret atau lecet dapat dengan jelas terlihat.

2. Menggunakan Amplas (Goresan Halus) 

Untuk menghilangkan goresan yang tidak terlalu dalam atau halus, dapat menggunakan amplas dengan ukuran minimal 2000 atau yang lebih halus. Sebelum menggunakan amplas, rendam terlebih dahulu amplas dan basahi body yang tergores. Amplas secara perlahan hingga goresan tersamarkan, lalu keringkan motor dengan kain halus.

3. Menggunakan Compound 

Gunakan compound untuk menghilangkan goresan yang tidak terlihat setelah menggunakan amplas. Caranya, aplikasikan compound pada body yang sudah di amplify, lalu gosok dengan lap halus hingga baret atau lecet hilang.

4. Menggunakan Scratch Remover 

Scratch Remover digunakan untuk menghilangkan goresan pada body motor yang kondisinya tidak terlalu parah. Oleskan Scratch Remover pada bagian motor yang tergores lalu gosok dengan kain microfiber. Lakukan hal ini berulang kali hingga goresan hilang.

5. Menggunakan Fix It Pro 

Fix It Pro adalah tool yang dapat membantu menyamarkan atau menghilangkan baret pada body motor. Gunakan seperti spidol dengan cara di goreskan pada bagian body motor yang lecet atau baret.

6. Menggunakan Cairan Poles 

Cara selanjutnya adalah menggunakan cairan poles pada body motor untuk menghilangkan warna kusam setelah menggunakan compound pada body motor. Gunakan cairan poles ini dengan merata pada body motor hingga kinclong kembali.

7. Menggunakan Pasta Gigi 

Selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga dapat digunakan untuk menyamarkan atau menghilangkan baret pada body motor yang tidak terlalu dalam. Cara penggunaannya adalah menyelimuti pasta gigi pada kain yang dibasahi kemudian gosokan secara melingkar pada bagian body motor yang baret.

8. Menggunakan Minyak Rem

Terakhir, gunakan minyak rem dengan cara meneteskan sedikit minyak rem pada body sepeda motor yang baret dan membersihkan dengan kain halus hingga bersih. Lakukan langkah ini berulang kali untuk hasil yang optimal.

Dengan cara-cara ini, baret atau lecet pada body motor dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Pastikan menggunakan bahan yang aman untuk sepeda motor dan melakukan cara di atas dengan hati-hati.

Cara Mencegah Body Motor Baret

Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah body motor dari tergores yang bisa Anda terapkan: 

1. Gunakan Pelindung Body

Gunakan body dapat membantu melindungi body motor dari goresan dan lecet. Anda dapat memilih pelindung body berbahan logam atau plastik keras yang pas di body motor.

2. Perhatikan Posisi Parkir

Perhatikan dengan baik ketika parkir atau saat berkendara di jalan raya. Hindari parkir di area yang ramai dan pastikan jarak parkir yang cukup untuk menghindari senggolan antara motor satu dengan lainnya.

3. Perhatikan Jarak Parkir

Beri jarak parkir yang cukup. Pastikan jarak parkir motor dengan benda lainnya, seperti tembok, pagar, atau mobil.

4. Pakai Lap Lembut

Gunakan hanya lap yang lembut dan tidak kasar, seperti kain mikrofiber, untuk membersihkan body motor agar tidak goresan atau lecet.

5. Bersihkan Body Motor

Pastikan untuk selalu membersihkan kotoran atau debu pada body motor segera setelah berkendara, sehingga kotoran tersebut tidak menempel dan menggores body motor.

Dengan mencegah dan merawat body motor dengan baik, tentunya dapat membantu mencegah terjadinya goresan atau lecet pada body motor kesayangan Anda. 

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close