GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Berkunjung ke Telaga Sarangan? Ini 4 Kuliner yang Tidak Boleh Ketinggalan

Sate kelinci khas telaga sarangan
Sate kelinci khas telaga sarangan 
(Dok. Ist)


PEWARTA.CO.ID - Telaga Sarangan Magetan memang memiliki daya tarik tersendiri yang memikat hati banyak orang. 

Tidak jarang orang tertarik untuk mengunjungi tempat ini berulang kali setelah merasakan keindahan yang tersaji. 

Terlepas dari keindahan yang disajikan, Telaga Sarangan terkenal dengan sejumlah kuliner lezat dan ekonomis. 

Ragam Kuliner Khas Telaga Sarangan

Berikut ini adalah beberapa kuliner wajib yang bisa dicoba saat berwisata ke Telaga Sarangan dan sekitarnya.

1. Mbah Djoe Resort 

Mbah Djoe Resort merupakan tempat makan yang beroperasi setiap hari dengan jam pelayanan mulai pukul 08.00-21.00 WIB. Terletak di Jalan Raya Sarangan, Kabupaten Magetan arah Tawangmangu, tempat kuliner ini menyajikan beberapa kudapan khas Magetan yang masih menggunakan resep-resep tradisional. Di antara sajian andalannya adalah menu Nasi Menok dan Bancak yang sangat disukai oleh wisatawan.

Nasi Menok sendiri mempunyai citarasa yang unik karena terdapat gadon, suwiran daging ayam, serta parutan kelapa yang dibungkus menggunakan daun pisang. Sedangkan Nasi Bancak menghadirkan sajian nasi tumpeng mini berisi lauk pauk di atas wadah anyaman lidi yang begitu cantik.

Dalam menikmati kuliner di Mbah Djoe Resort, para wisatawan dapat membayar sebesar Rp 20 ribu per porsi.

2. Sate Kelinci 

Sate Kelinci merupakan sajian yang cukup populer di kawasan Telaga Sarangan dan sekitarnya. Sate ini diolah dari daging kelinci yang kemudian ditusuk-tusuk dan dibakar menggunakan bumbu kecap seperti sate pada umumnya.

Para wisatawan dapat menjumpai sajian sate kelinci ini di beberapa warung di sekitar Telaga Sarangan dengan harga yang beragam, mulai dari Rp 15 ribu.

Untuk menikmati kuliner yang satu ini, wisatawan akan disajikan seporsi sate kelinci yang disajikan dengan nasi atau lontong.

3. Sate Jamur Warung Lumintu 

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi sajian sate jamur yang unik ini di Warung Lumintu. Kuliner yang satu ini menggunakan jamur tiram sebagai bahan utamanya yang kemudian diberikan sambal kacang dan kecap sebagai pelengkap.

Sate Jamur Warung Lumintu dapat dicari di beberapa warung makan di sekitar Telaga Sarangan, terletak di Jalan Tawangmangu, Plaosan, Kecamatan Sarangan. 

Mereka buka setiap hari mulai pukul 10.00-21.00 WIB. Wisatawan dapat menikmati seporsi sate jamur dengan harga mulai dari Rp 14 ribu, lengkap dengan nasi atau lontong.

4. Warung Nasi Pecel Bu Parti

Warung Nasi Pecel Bu Parti merupakan warung makan legendaris yang mampu menyajikan aneka hidangan pecel dengan citarasa yang khas. Para wisatawan dapat menikmati seporsi Nasi Pecel Bu Parti yang terdiri dari nasi, sayur kenikir, kecambah, irisan timun, kemangi, serta siraman bumbu pecel sebagai pelengkap. 

Harga untuk setiap porsi Nasi Pecel Bu Parti ini mulai dari Rp 10 ribu tergantung pilihan lauk pauk yang dipilih.

Warung ini telah membuka enam cabang di kawasan Magetan, dan salah satunya terletak di Jalan Raya Sarangan, Kecamatan Plaosan. Warung Nasi Pecel Bu Parti buka setiap hari mulai pukul 07.00-15.30 WIB, sehingga para wisatawan dapat mengunjungi tempat ini dengan mudah.

Jadi, bila Anda merencanakan liburan ke Telaga Sarangan dan sekitarnya, jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner yang memukau dari tempat kuliner unik dan lezat yang ada di sana.

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close