GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

7 Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil yang Menguntungkan di Masa Depan

7 Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil yang Menguntungkan di Masa Depan
Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil (Dok. Ist)


Pewarta.co.id Jurusan teknik sipil adalah jurusan yang memiliki peluang karir yang sangat menjanjikan. 

Bagi kamu yang ingin memilih jurusan ini, kamu tidak perlu khawatir karena banyak peluang pekerjaan menarik yang bisa kamu ambil setelah lulus kuliah.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Sipil 

Bagi Kamu yang menempuh pendidikan di jurusan Teknik Sipil, tentu sering bingung masalah Prospek kerja. Padahal terdapat banyak prospek kerja jurusan teknik sipil seperti:

1. Surveyor Pengendalian Bangunan

Jika Anda senang bekerja dengan detail dan tertarik dengan bangunan serta konstruksi, maka prospek kerja teknik sipil yang satu ini bisa menjadi pertimbangan. 

Sebagai seorang surveyor pengendalian bangunan, tugas Anda adalah memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku diikuti dengan baik saat proses pembangunan. 

Jika tidak memenuhi, Anda sebagai surveyor pengendali bangunan wajib memberikan solusi pemecahannya kepada klien. 

Tujuan dari semua itu tentu saja untuk menjamin keamanan bagi semua pihak yang terkait.

2. Konsultan Konstruksi Bangunan

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang project manager, maka pekerjaan sebagai konsultan konstruksi bangunan bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Pekerjaan Anda bisa meliputi berbagai hal seperti pengembangan garis pantai, konstruksi bendungan, sampai pembangunan jalan raya. 

Tugas Anda adalah mengatur dan mengawasi konstruksi yang berjalan, mengelola biaya pembangunan, dan melihat potensi risiko yang bisa terjadi selama proses pembangunan. 

Pekerjaan sebagai konsultan konstruksi bangunan membutuhkan kreativitas tinggi dan kemampuan Anda untuk mendesain apa yang akan klien Anda ingin bangun. 

Selain itu, tentunya Anda juga harus memiliki pemahaman teoritis mengenai teknik pembangunan yang mumpuni.

3. Kontraktor Insinyur Sipil

Prospek kerja teknik sipil yang satu ini erat kaitannya dengan pekerjaan sebagai konsultan konstruksi bangunan. 

Kontraktor insinyur sipil akan mengubah rencana yang sudah dibuat oleh konsultan menjadi kenyataan. 

Mereka yang akan melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan, dan bagaimana cara menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan. 

Sebagai kontraktor, pekerjaan mengharuskan Anda untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. 

Pekerjaan ini juga memberi kesempatan untuk banyak melakukan perjalanan ke berbagai tempat untuk melihat proyek.

4. Insinyur Situs Pembangunan

Pekerjaan sebagai insinyur situs pembangunan lebih condong ke arah teknis, pengorganisasian, dan pengawasan. 

Anda bertugas untuk menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait yang terlihat di atas, maupun di bawah tanah. 

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kesehatan dan keamanan di daerah tersebut. Pekerjaan sebagai insinyur situs pembangunan akan membuatmu berhubungan dengan berbagai profesi lainnya, seperti arsitek, manajer konstruksi, perencana, insinyur lainnya

5. Structural Engineer

Prospek kerja teknik sipil yang satu ini menggabungkan antara matematika dan sains secara kreatif. 

Gabungan ilmu ini digunakan untuk mendesain struktur bangunan serta menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi saat proses pembangunan. 

Sebagai seorang structural engineer, Anda harus merancang struktur bangunan yang kuat dan mampu menahan tekanan dari lingkungan sekitar dan pengguna manusia yang nantinya akan menghuni bangunan tersebut. 

Anda juga harus memastikan bangunan tersebut tidak berbelok, berputar, atau bergetar, dan bahkan hancur selama penggunaannya. 

Selain berlaku bagi bangunan yang baru direncanakan, ilmu ini juga berlaku untuk bangunan yang sudah berdiri.

6. Insinyur Lingkungan

Sebagai lulusan teknik sipil, prospek kerja selanjutnya adalah sebagai insinyur lingkungan. 

Pekerjaan ini menggabungkan ilmu teknik, biologi, hingga kimia untuk mengembangkan solusi untuk permasalahan lingkungan. 

Tugas utama seorang insinyur lingkungan adalah memperbaiki keadaan alam yang rusak dan menghindari terjadinya kerusakan alam. 

Karena itu, seorang insinyur lingkungan akan bekerja sama dengan urban designer untuk membuat solusi terbaik untuk permasalahan lingkungan.

7. Urban Designer

Sebagai seorang urban designer, Anda akan bertanggung jawab dalam merancang bangunan atau open space yang bisa digunakan masyarakat banyak dan enak dilihat. 

Anda akan bekerja sama dengan beragam profesi lain seperti arsitek, pengembang, hingga masyarakat lokal untuk membuat tempat atau ruang publik yang lebih baik. 

Ada 3 jenis pekerjaan yang dilakukan oleh seorang urban designer tergantung pada daerah pengerjaannya, yaitu urban yang melibatkan perkotaan, rural yang melibatkan pedesaan, dan spasial yang melibatkan ruang terbuka seperti taman dan sebagainya.

Nah, itu tadi beberapa prospek karier yang bisa diambil oleh lulusan teknik sipil. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menentukan karier masa depan yang tepat.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close