GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

3 DC Pinjol yang Masih Datang ke Rumah Nasabah Galbay pada 2024, Salah Satunya Debt Collector Akulaku

3 DC Pinjol yang Masih Datang ke Rumah Nasabah Galbay pada 2024, Salah Satunya Debt Collector Akulaku
Ilustrasi. Debt Collector (DC). (Dok. Paragram)

PEWARTA.CO.ID - Debt Collector (DC) yang bertugas menagih utang kepada nasabah pinjaman online (Pinjol) kerap dianggap menjadi ancaman. Terlebih bagi nasabah yang mengalami gagal bayar atau biasa disebut galbay.

Kekhawatiran nasabah galbay tersebut tak lain karena para DC pinjol mengancam akan mendatangi rumah mereka demi menagih utang.

Hal yang ditakutkan nasabah terkadang tak hanya soal belum memiliki uang untuk melakukan pembayaran, apalagi pelunasan. Lebih dari itu, kekhawatiran itu juga soal etika para DC saat melakukan penagihan.

Saat ini ada banyak aplikasi pinjol yang menawarkan jasa meminjamkan uang dengan proses yang mudah. Namun, dibalik kemudahan yang diberikan selalu diiringi dengan konsekuensi yang harus dihadapi para peminjam, yaitu risiko didatangi DC.

Namun, dari sekian banyak aplikasi pemberi pinjaman online tersebut, tidak semuanya memiliki DC yang beroperasi di lapangan. Artinya, ada celah bagi nasabah untuk 'selamat' dari ancaman mereka.

Di situlah kemudian masyarakat merasa penasaran kira-kira DC pinjol manakah yang masih mendatangi rumah, khususnya sampai di tahun 2024 ini. Dengan kata lain bisa dianalogikan jika selain yang disebutkan maka tak memiliki DC lapangan.

Lantas, DC pinjol apa saja yang mendatangi rumah pada 2024 ini? Simak penjelasannya di bawah ini, seperti dinukil dari Okezone.com.

DC pinjol yang datang ke rumah nasabah galbay 2024

Setidaknya ada 3 DC pinjol yang masih mendatangi rumah nasabah galbay berlaku efektif pada 2024 ini. Hal ini tentu harus menjadi kewaspadaan bagi yang gagal bayar kepada aplikasi-aplikasi yang disebutkan.

Berdasarkan regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), ketiga pinjol berikut memiliki DC yang melakukan penagihan langsung dengan mendatangi rumah si peminjam, antara lain:

1. Easycash

Aplikasi pinjol pertama yang masih menagih nasabah galbay pada 2024 ada Easycash. Para DC ditugaskan untuk mendatangi rumah nasabah dengan SOP yang telah ditentukan.

Adapun tujuan kedatangan mereka tak hanya untuk sekadar menagih, tetapi juga menanyakan komitmen pelunasan nasabah terkait utang mereka.

Umumnya, DC Easycash baru akan mendatangi rumah jika keterlambatan pembayaran melebihi satu bulan dari jatuh tempo.

2. Kredit Pintar

Kemudian ada DC Kredit Pintar yang juga tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Mereka akan datang menagih langsung ke rumah nasabah galbay.

Menurut beberapa sumber menyebutkan, DC Kredit Pintar akan mendatangi rumah nasabah antara pukul 8 pagi hingga 8 malam.

Sedangkan prioritas kerja DC Kredit Pintar adalah mendatangi rumah nasabah yang telat membayar lebih dari 90 hari, alias tiga bulan dari tanggal jatuh tempo.

3. Akulaku

Aplikasi pinjol terakhir ada Akulaku yang juga masih menerjunkan DC untuk menagih langsung ke rumah nasabah yang telat membayar pinjaman.

Tak butuh waktu lama, DC Akulaku bahkan sudah akan bergerak mencari kediaman nasabah galbay jika menunggak selama sebulan dari tanggal pembayaran semestinya.

Ironisnya, angka kredit macet yang tinggi dari Akulaku juga menjadikannya sebagai aplikasi pinjol dengan jumlah nasabah terbanyak dari beberapa pinjol lain.

Itulah 3 DC pinjol yang masih datang ke rumah nasabah galbay pada 2024. Ketiga aplikasi pinjol tersebut diketahui memiliki banyak nasabah di Indonesia.

Selain ketiga pinjol tersebut, pastinya ada aplikasi pinjol lain yang sebenarnya juga mempekerjakan jasa DC, hanya saja mungkin tidak terdata di OJK, sehingga bisa dikatakan sebagai pinjol ilegal atau tidak resmi.

Dalam beberapa pemberitaan juga disebutkan bahwa total utang yang macet dari ketiga pinjol tersebut mencapai miliaran, bahkan ada yang sampai triliunan rupiah.

Semoga dengan penjelasan dalam artikel ini bisa menjadi kewaspadaan para peminjam agar segera menuntaskan kewajibannya.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close