Cara meningkatkan brand awaraness (Dok. Ist) |
Pewarta.co.id Brand awaraness adalah seberapa banyak orang mengenal dan mengingat merek atau bisnis Anda.
Hal ini mencakup seberapa akrab dan dikenal merek di antara target audiens. Ketika konsumen melihat logo, nama merek, atau elemen identitas visual lainnya, mereka harus dapat langsung menghubungkannya dengan bisnis Anda.
Semakin banyak orang yang mengenal identitas bisnis Anda, semakin besar kemungkinan merek akan menarik minat pembeli dan meningkatkan penjualan produk/layanan.
Cara Meningkatkan Brand Awaraness dengan Mudah
Agar bisnis Anda punya nilai jual yang baik di pasaran, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah meningkatkan brand awaraness (kesadaran merek).
Berikut adalah 10 cara sederhana yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kesadaran merek bisnis sehingga produk/layanan bisnis akan lebih dikenal masyarakat luas:
1.Perkuat Identitas Logo & Citra
Brand Logo dan identitas brand adalah aspek penting dalam membangun brand awaraness bisnis.
Berikan perhatian khusus pada desain logo bisnis Anda, kenali nilai brand dan target pasar, perkuat nilai visual dan citra brand, dan gunakan font yang menarik dan mudah dibaca.
2. Manfaatkan Sosial Media Marketing
Media sosial merupakan platform digital pertama yang akan diakses audiens ketika mencari informasi terkait produk/layanan.
Manfaatkan potensi media sosial untuk meningkatkan brand awaraness bisnis. Pilih platform media sosial yang tepat dan sesuai dengan karakter brand.
Selain itu, gunakan akun bisnis media sosial untuk konten promosi, dan buat konten yang menarik dan berkualitas.
3. Buat Konten Marketing yang Menarik
Buat konten marketing yang berkualitas untuk meningkatkan brand awaraness bisnis Anda di mata masyarakat luas.
Berikan nilai tambah yang menarik dalam isi konten, gunakan visual yang menarik, buat konten dalam berbagai format (gambar, video, dan infografis), sesuaikan tema konten dengan jenis brand bisnis, dan ajak interaksi audiens.
4. Manfaatkan Website Untuk Memperluas Jangkauan Pasar
Website adalah salah satu platform digital dengan jumlah pengguna yang sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia.
Tampilkan logo serta identitas brand pada setiap halaman website, buat website bisnis dengan kecepatan akses yang stabil, terapkan strategi SEO.
Selain itu, pastikan website bekerja secara optimal di berbagai perangkat, dan buat desain website dengan tampilan yang menarik.
5. Terapkan Strategi SEO
Untuk meningkatkan visibilitas website terutama pada mesin pencari seperti Google, terapkan strategi SEO.
Pilih kata kunci yang tepat, buat konten unik dan berkualitas, tampilkan logo serta identitas brand pada setiap halaman website, dan pastikan website dapat berjalan secara optimal di berbagai perangkat.
6. Gunakan Influencer Untuk Mempromosikan Brand
Menggunakan jasa influencer dalam mempromosikan produk/layanan bisnis juga bisa meningkatkan brand awaraness bisnis.
Pilih influencer dengan jumlah followers yang banyak dan telah berpengalaman dalam mempromosikan serta mengembangkan brand bisnis.
7. Buatlah Event Atau Kegiatan Khusus
Membuat event tertentu dari sebuah brand besar untuk mempromosikan produk/layanan merupakan salah satu contoh cara meningkatkan kesadaran merek bisnis.
Membuat promosi yang menarik, ikut serta dalam acara besar seperti konser musik dan pameran.
8..Terapkan Strategi Buzz Marketing
Gunakan strategi buzz marketing untuk memperluas jangkauan brand dengan cara melakukan promosi dari mulut ke mulut.
Tampilkan testimoni produk/layanan pada setiap platform promosi, minta konsumen untuk mempromosikan brand Anda dalam bentuk konten di media sosial, dan bagikan konten marketing brand Anda ke seluruh saluran promosi bisnis.
9. Manfaatkan Iklan Digital
Manfaatkan fitur iklan berbayar pada platform digital untuk meningkatkan brand awaraness.
Pilih platform iklan yang sesuai dengan jenis bisnis Anda, riset audiens untuk menentukan target tayangan iklan, buat konten iklan yang menarik, tampilkan logo serta identitas brand pada setiap materi iklan.
10. Menerapkan Strategi Co-Branding
Kerja sama co-branding dengan brand lain bisa menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek serta keuntungan bisnis.
Pilih brand yang tepat dan sesuai dengan jenis bisnis Anda, buat rencana kerjasama yang jelas dan terstruktur, tampilkan identitas kedua merek dalam setiap materi promosi.
Dengan menerapkan tips-tips tersebut, diharapkan brand awaraness bisnis Anda mampu meningkat sehingga produk/layanan bisnis menjadi lebih dikenal masyarakat luas dan menghasilkan penjualan yang meningkat.