GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Terganjal Regulasi FIFA, Maarten Paes Urung Jadi Kiper Timnas Indonesia

Terganjal Regulasi FIFA, Maarten Paes Urung Jadi Kiper Timnas Indonesia
Maarten Paes masih terganjal regulasi FIFA sehingga belum bisa memperkuat Timnas Indonesia.

PEWARTA.CO.ID - Penjaga gawang keturunan Indonesia-Belanda, Maarten Paes, dipastikan belum bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, melalui akun Instagram pribadinya pada Sabtu (25/5/2024).

Meskipun sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 30 April 2024 lalu, Paes masih terhalang regulasi FIFA yang melarang pemain berpindah negara setelah membela timnas lain di usia 22 tahun. Paes diketahui pernah bermain untuk Timnas Belanda U-21 di usianya yang ke-22.

"Jadi gini, Maarten Paes ini kemarin, dia ini ada pertandingan dia ketika dia sudah berusia 22 tahun (untuk Belanda). Dan menurut regulasi FIFA, itu tidak diperbolehkan lagi pindah negara," jelas Arya.

Namun, PSSI tidak tinggal diam. Arya mengungkapkan bahwa PSSI siap mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) untuk memperjuangkan Paes agar bisa membela Timnas Indonesia.

"Tapi, masih ada celah, kenapa dia bisa bermain sampai usia 22 tahun untuk Belanda? Dan ini sudah kami konfirmasi dengan KNVB Belanda. Ada syaratnya, kita harus punya hak untuk mengajukan ke CAS. Jadi, dasarnya apa? Maarten Paes harus jadi orang Indonesia (dulu). Makanya kemarin Maarten Paes kita masukkan dan menjadi WNI," sambungnya.

Arya meyakini bahwa Paes memiliki keinginan kuat untuk membela Timnas Indonesia.

"Apalagi, Maarten Paes sangat ingin menjadi WNI dan membela timnas kita. Jadi setelah dia menjadi WNI, kita punya hak untuk mengajukan ke CAS. Kalau dia gak WNI, kita gak punya hak, makanya kita WNI-kan dulu, setelah itu baru ke CAS," tambahnya.

PSSI berharap banding mereka ke CAS dapat diterima agar Paes bisa segera memperkuat Timnas Indonesia.

"Semoga nanti celahnya itu, kenapa dia di usia 22 tahun masih main untuk Belanda itu nanti kita akan bawa ke CAS. Doakan semoga ada proses yang baik sehingga Maarten Paes bisa menjadi pemain timnas kita," tandas Arya.

Maarten Paes, yang kini berusia 26 tahun, menunjukkan performa gemilang bersama FC Dallas di Major League Soccer (MLS). Kehadirannya di Timnas Indonesia diharapkan dapat menambah kekuatan tim, terutama di posisi penjaga gawang.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close