GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Pilkada Jakarta Bakal Dimulai pada Juni 2024, Begini Penjelasan KPU Soal Alur Pilgub DKI

Pilkada Jakarta Bakal Dimulai pada Juni 2024, Begini Penjelasan KPU Soal Alur Pilgub DKI
Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI, Astri Megatari.

JAKARTA, PEWARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan memulai tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada DKI 2024 pada bulan Juni mendatang.

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI, Astri Megatari, menyatakan bahwa proses awal akan dimulai dengan pendaftaran petugas pemutakhiran data pemilih atau pantarlih.

"Periodenya dimulai dari awal Juni. Kami nanti melakukan tahapan pantarlih terlebih dahulu," ujar Astri kepada wartawan saat ditemui di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5/2024).

Selanjutnya, menurut Astri, pantarlih akan mengunjungi rumah-rumah warga untuk melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit).

"Lalu kemudian kami akan melakukan Coklit ke rumah-rumah. Akan ada perugas yang mendatangi rumah masing-masing," ucapnya.

Astri menjelaskan, proses coklit merupakan tugas dari pantarlih untuk menyesuaikan data yang dimiliki KPU dengan kondisi di lapangan.

"Petugas akan mendatangi rumah masing-masing untuk mengonfirmasi apakah data pemilih yang tinggal di alamat tersebut masih sama dengan data yang kami terima dari Kemendagri dalam DP4," tuturnya.

Sebagai informasi, pencocokan dan penelitian atau coklit adalah kegiatan yang dilakukan oleh pantarlih dalam pemutakhiran data pemilih.

Pantarlih melaksanakan coklit berdasarkan Daftar Pemilih dalam formulir Model A-Daftar Pemilih, dengan cara mendatangi pemilih secara langsung.

Pemutakhiran data pemilih merupakan kegiatan untuk memperbarui data pemilih berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) dari pemilu dan pemilihan terakhir.


Sumber: Kompas.com

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close