GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Pemilihan RT Rasa Pilpres, Anggota DPRD Batu Apresiasi Kreativitas Warga Beji

Pemilihan RT Rasa Pilpres, Anggota DPRD Batu Apresiasi Kreativitas Warga Beji
Ketiga kandidat yang mengikuti pemilihan Ketua RT duduk berlatar belakang foto, nama, dan nomor urut. (Foto: Bram Edo/PEWARTA)

PEWARTA.CO.ID - Pemilihan Ketua RT 01 di Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada Minggu (26/5/2024) mengusung konsep mirip dengan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Ketua Panitia Penyelenggara, Arif, menjelaskan bahwa dengan berakhirnya masa jabatan Ketua RT 01 sebelumnya, muncul inisiatif dari warga setempat untuk mengadakan pemilihan Ketua RT baru dengan mengadopsi konsep Pilpres.

"Berakhirnya jabatan Ketua RT Bapak Sumiantoro selama 13 tahun, inisiatif warga setempat dilangsungkan pemilihan Ketua RT baru mengadopsi konsep Pilpres. Mulai dari tahapan pendaftaran, verifikasi, penetapan calon, bahkan pada tahapan kampanye, ada masa tenang satu hari," kata Arif, saat berada di tempat pemilihan Ketua RT di Desa Beji, Minggu (26/5/2024).

Menurutnya, pemilihan dilakukan secara langsung, mengingat masa jabatan Ketua RT sesuai aturan yang berlaku adalah selama 4 hingga 5 tahun.

Meski demikian, Arif menambahkan bahwa jika warga masih menghendaki, aturan mengenai lama jabatan tersebut tidak berlaku.

"Untuk calon Ketua RT saat ini, sejumlah tiga orang: Pak Kusbiantoro dengan nama beken Bedong, Ibu Sulomah yang dikenal sebagai Mince, dan Pak Widodo yang dikenal sebagai Bonex," jelasnya.

Ia juga menambahkan, bab mekanisme penjaringan Ketua RT seperti ini sudah dilakukan untuk kedua kalinya.

"Pertama waktu peralihan dari Pak Didik ke Pak Sumiantoro, sekarang ini kita lakukan seperti sebelumnya. Namun yang dulu konsepnya sederhana. Setelah peralihan Pak Sumiantoro, saat ini kita betul-betul maksimalkan cara kerjanya," lanjutnya.

Dalam pemilihan RT 01/RW 04 ini, disebutkan bahwa Daftar Pemilih Tetap (DPT) RT 01 yang diterima panitia penyelenggara berjumlah 341 orang dengan acuan warga yang memiliki hak pilih.

"Pertama berusia 17 tahun, sudah menikah, atau sudah pernah menikah. Kemudian warga yang berdomisili di RT 01 minimal 6 bulan," tegasnya.

Pemilihan RT rasa pilpres di Desa Beji, Kota Batu, Jatim
Warga menunjukkan kertas suara pemilihan RT di Desa Beji, Kota Batu, Jatim, Minggu (26/5).

Arif menambahkan, motivasi dari pemilihan ini adalah untuk perubahan yang lebih baik di masa depan. Oleh karena itu, pihaknya mengaku memulai dengan konsep pemilihan yang maksimal.

"Dalam kegiatan ini, kita berharap yang terpilih nanti yang maksimal dan ke depan hasilnya juga maksimal, ada kenaikan kebaikan dan kemajuan," harapnya.

Kreativitas warga Beji khususnya RT 1 ini mendapat perhatian dari Ketua Fraksi Gerindra anggota DPRD Kota Batu, Agung Sugiono.

Ia menyampaikan apresiasinya kepada warga setempat, utamanya para penggagas pemilihan ketua RT rasa Pilpres tersebut.

"Bagus dan menarik dikonsep seperti Pemilihan Presiden. Tahapan demi tahapan yang mereka lalui, layaknya gawe besar pilihan Kepala Negara. Fantastis dan sukses pertahankan budaya dan konsep seperti ini," serunya.

Sementara itu, mantan Ketua RT 01, Sumiantoro, mengatakan bahwa karena dirinya sudah menjabat selama 13 tahun, sangat perlu adanya regenerasi.

"Bisa meningkatkan lebih baik partisipasi masyarakat untuk membangun lingkungan. Apapun hasilnya nanti karena merupakan pilihan warga, yang terpilih bisa meningkatkan lagi pada lingkungan," harapnya.

Ia khususnya berharap agar masyarakat dapat lebih terlibat dalam pembangunan lingkungan.

Menariknya, dalam pemilihan Ketua RT 01 berkonsep Pilpres ini, warga yang sudah menggunakan hak pilihnya langsung mengambil undian, kemudian mendapatkan hadiah berupa kebutuhan dapur dan alat dapur yang sudah disiapkan panitia penyelenggara berjumlah ratusan.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close