GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Megawati di Rakernas V PDIP: Tegaskan PPP, Hanura, dan Perindo Tetap Setia Gabung Partainya

Megawati di Rakernas V PDIP: Tegaskan PPP, Hanura, dan Perindo Tetap Setia Gabung Partainya
Megawati menegaskan ketiga partai yang berjuang bersama di Pilpres 2024 lalu, yakni PPP, Hanura, dan Perindo, tetap setia bergabung dengan PDIP.

JAKARTA, PEWARTA - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, mengungkapkan bahwa Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Partai Perindo tetap setia bergabung dengan PDIP.

Hal ini disampaikan Megawati dalam pidato pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI Perjuangan yang berlangsung di Jakarta, Jumat (24/5/2024).

"Karena saya juga bertanya bahwa ini pileg, pilpres, sudah dinyatakan selesai, tetapi tentu saya ingin menanyakan, bapak bertiga bagaimana? 'Saya masih terus mau ikut sama PDI Perjuangan'," kata Megawati menirukan jawaban ketiga partai tersebut dalam pidato politiknya.

Megawati menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesetiaan ketiga partai tersebut. "Saya tentunya sangat berbesar hati dan mengucapkan beribu-ribu terima kasih karena sebetulnya, harusnya, begitulah tata krama yang namanya di negara kita ini," ujarnya.

Megawati juga menjelaskan bahwa PDIP tidak dapat membentuk koalisi formal karena sistem ketatanegaraan Indonesia yang menganut sistem presidensial, bukan parlementer.

"Jadi, bukan parlementer. Jadi, sebetulnya kita ini tidak ada koalisi, lalu oposisi. Jadi, memang agak susah sebetulnya. Karena kalau tidak ikut, lalu apa, ya? Jadi, saya bilang kepada mereka bertiga, kerja sama. Karena memang begitulah, tidak bisa koalisi. Karena kita sistemnya nanti parlementer," jelasnya.

Pada acara tersebut, Wakil Ketua Umum DPP PPP Rusli Effendi, Ketua Umum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo hadir mendampingi Megawati.

Dalam pidatonya, presiden kelima RI itu juga menyinggung sikap politik PDIP terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurut Megawati, penentuan sikap politik harus dilakukan dengan hati-hati dan berdasarkan masukan dari seluruh lapisan masyarakat.

"Partai harus mendengarkan semua suara akar rumput, dari yang berteriak-teriak sampai sayup-sayup, dan terus berjuang bagi terlembaganya demokrasi yang sehat," ucapnya.

Megawati menekankan bahwa mencermati suara akar rumput merupakan prioritas dalam Rakernas kali ini. Selain menentukan sikap politik, Rakernas V PDIP juga fokus pada strategi pemenangan Pilkada 2024 dan perumusan program-program yang pro-rakyat.

Rakernas V PDIP ini mengusung tema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang" dengan subtema "Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya".

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close