GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Contoh CRM untuk Bisnis UMKM, Efektif Tingkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Contoh CRM untuk Bisnis UMKM, Efektif Tingkatkan Hubungan dengan Pelanggan
Customer Relationship Management (CRM). (Ilustrasi: Freepik)

PEWARTA.CO.ID - Menjaga hubungan erat dengan pelanggan menjadi salah satu faktor kesuksesan bisnis UMKM tetap eksis di tengah persaingan yang ketat. Pemanfaatan aplikasi CRM ketika menjalankan bisnis dapat membantu pelaku bisnis UMKM mencapai tujuan tersebut sekaligus menjadi langkah UMKM Go Digital di Indonesia.

Data INDEF menunjukkan, digitalisasi dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan, penjualan bisnis, menambah pelanggan, serta menambah kecepatan transaksi.

Mengetahui bagaimana contoh CRM dan penggunaannya bagi UMKM membuat bisnis dapat lebih maju dari para pesaing, khususnya dalam memberikan layanan pelanggan yang lebih optimal dan cepat.

Apa itu CRM?

CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management, adalah strategi bisnis yang dipakai untuk meningkatkan hubungan antara perusahaan dengan pelanggan, termasuk juga kepada calon pelanggan dengan tawaran menarik agar tertarik membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan program CRM bagi perusahaan, salah satunya menggunakan bantuan aplikasi CRM.

Untuk diketahui, aplikasi CRM merupakan platform yang membantu bisnis UMKM membangun dan menjaga hubungan dengan para pelanggannya. Dengan aplikasi CRM ini, pelaku bisnis UMKM dapat mengatur data dalam jumlah besar lebih otomatis dengan memanfaatkan sistem dan fitur yang tersedia di software CRM tersebut.

Kenapa UMKM butuh aplikasi CRM?

Ada sejumlah alasan kenapa UMKM butuh aplikasi CRM, tak lain karena dampak positifnya terhadap kelangsungan bisnis skala mikro itu sendiri.

Sebagian besar pebisnis berpikir bahwa CRM hanya dibutuhkan oleh bisnis besar dengan sistem kompleks untuk diatur. Padahal, bisnis skala kecil dan menengah pun juga bisa mendapat manfaat dari CRM.

Bagi bisnis yang ingin fokus meningkatkan layanan pelanggan, CRM adalah jawabannya. Berikut beberapa alasan bisnis UMKM butuh software CRM:

Meningkatkan hubungan pelanggan

Dalam berbisnis, meningkatkan hubungan pelanggan memberikan keuntungan bagi kedua pihak (pelanggan dan bisnis). Faktanya, 86% pelanggan yang memiliki keterikatan emosional dengan sebuah merek berpotensi lebih besar untuk tetap terhubung.

Ketika seorang pelanggan memiliki interaksi positif dengan sebuah brand, mereka tak ragu untuk merekomendasikan brand tersebut kepada teman dan keluarganya. Kualitas hubungan pelanggan juga dianggap sebagai kunci kesuksesan suatu bisnis.

Salah satu upaya meningkatkan hubungan pelanggan dengan mengenali pelanggan dan mengetahui keinginan mereka. CRM memungkinkan sebuah bisnis mengetahui dan melacak kebiasaan pelanggan, sehingga dapat menyesuaikan rekomendasi produk berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Membantu pengambilan keputusan

Kesulitan memantau perkembangan bisnis menjadi tantangan yang sering dihadapi oleh pelaku bisnis UMKM. Contoh CRM dalam hal ini membantu bisnis melihat lebih jelas hal apa saja yang berhasil dan tidak.

Bisnis dapat terus berinovasi dan menyesuaikan strategi berdasarkan tren yang ada. CRM membantu bisnis lebih mudah melihat melihat tren hingga mengetahui pola perilaku pelanggan yang lebih spesifik dan personal terhadap bisnismu. Aplikasi CRM dilengkapi dengan laporan analitik yang membantu kamu mengetahui data-data tersebut secara valid.

Meningkatkan potensi penjualan bisnis

Potensi penjualan bisnis yang menggunakan CRM dapat meningkat karena kamu mengetahui apa yang pelanggan inginkan.

Pelayanan optimal yang diberikan kepada pelanggan dengan memanfaatkan platform CRM juga mampu menciptakan kepuasan pelanggan yang mengarah kepada loyalitas. Dengan hal ini, bisnis secara tidak langsung menciptakan potensi penjualan dalam jangka panjang.

Tak hanya itu, CRM yang membantu melacak preferensi pelanggan memungkinkan bisnis melakukan up selling dan cross selling dalam program promosinya.

Meningkatkan produktivitas

Contoh pemanfaatan CRM selanjutnya ialah meringankan beban kerja karena sebagian besar dapat diatur secara otomatis.

Aplikasi atau platform CRM dapat memberikan banyak waktu bagi pelaku bisnis UMKM untuk terhubung dengan pelanggan mereka. Pencarian informasi, pengelolaan informasi kontak pelanggan, hingga proses komunikasi yang sangat mungkin dibuat otomatis dapat mempersingkat waktu.

Software aplikasi CRM Indonesia
Software/aplikasi CRM. (Dok. Web)

Contoh CRM yang dapat membantu bisnis

Ingin mendapatkan contoh CRM yang sesuai untuk bisnis UMKM kamu? OCA Interaction Lite adalah jawabannya!

OCA Interaction Lite sebagai platform mini-CRM dari OCA Indonesia dilengkapi dengan sistem yang fleksibel sehingga segala fiturnya dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Dengan sistem yang lebih fleksibel ini, penggunaan tiap fitur lebih optimal. Berikut fitur-fitur yang dapat Anda pilih di software CRM OCA Interaction Lite:

  • Channel komunikasi (Facebook dan Instagram)
  • Contact Management System
  • Label
  • Knowledge Base
  • Quick Reply
  • Ticketing System
  • Report
  • Chatbot
  • Manage Member
  • Chat Distribution

Itu dia beberapa alasan bisnis UMKM perlu memilih CRM. Contoh CRM seperti OCA Indonesia menawarkan layanan CRM yang dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan perkembangan bisnis UMKM melalui OCA Interaction Lite. Tingkatkan kapabilitas bisnis UMKM kamu, pakai OCA #SemuaBisaDiatur. Daftar Sekarang!


(*Adv)

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close