Mall Pelayanan Publik (MPP) Grha Manavaseva, Mojokerto, Jatim. |
MOJOKERTO, PEWARTA - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, meresmikan Mall Pelayanan Publik (MPP) Grha Manavaseva di Jalan RA Basuni, Kecamatan Sooko, pada hari Selasa (7/5/2024).
Peresmian ini menandai dimulainya era baru pelayanan publik di Kabupaten Mojokerto yang diharapkan lebih cepat, mudah, dan terintegrasi.
MPP Grha Manavaseva menyediakan 129 jenis pelayanan yang dikelola oleh berbagai instansi pemerintah, termasuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kejaksaan Negeri, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, dan perbankan.
"MPP ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh pemerintah daerah dan ini dipantau oleh Kementerian PANRB," ujar Bupati Ikfina dalam sambutannya.
Pemilihan nama "Grha Manavaseva" sendiri memiliki makna yang mendalam. Menurut Bupati Ikfina, nama tersebut berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti "rumah pelayanan".
Hal ini sejalan dengan komitmen Pemkab Mojokerto untuk menjadikan MPP Grha Manavaseva sebagai pusat pelayanan publik yang prima bagi masyarakat.
"Di sini, masyarakat bisa mendapatkan berbagai layanan dengan mudah dan cepat. Kita ingin mewujudkan pelayanan publik yang transparan, akuntabel, dan bebas dari pungutan liar," tegas Bupati Ikfina.
Lebih lanjut, Bupati Ikfina menjelaskan bahwa pembangunan MPP Grha Manavaseva merupakan hasil konversi dari gedung Disperindag yang sebelumnya difungsikan sebagai pusat perdagangan.
Keputusan ini diambil karena Pemkab Mojokerto membutuhkan tempat yang strategis dan efisien untuk menampung berbagai layanan publik.
"Proses pembangunan MPP Grha Manavaseva ini juga melalui kajian dan komunikasi yang intensif dengan Kementerian PANRB," imbuh Bupati Ikfina.
Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Mojokerto, Dedy Muhartadi, menambahkan bahwa MPP Grha Manavaseva akan terus dikembangkan dan diperbaiki untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
"Kami akan terus melakukan assesment dan perbaikan agar MPP Grha Manavaseva ini bisa menjadi pusat pelayanan publik yang ideal bagi masyarakat Kabupaten Mojokerto," tandas Dedy Muhartadi.
Peresmian MPP Grha Manavaseva ini merupakan langkah nyata Pemkab Mojokerto dalam mewujudkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik.
Diharapkan dengan adanya MPP ini, masyarakat Kabupaten Mojokerto dapat merasakan kemudahan dan kecepatan dalam mengakses berbagai layanan yang dibutuhkan.