GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

9 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Hits 2023, Mayoritas Bertema Air yang Romantis

9 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Hits 2023, Mayoritas Bertema Air yang Romantis
9 tempat wisata di Purwakarta paling hits 2023. (Dok. WisataPurwakarta.com)

PEWARTA.CO.ID - Ada banyak pilihan tempat wisata paling hits di Purwakarta pada 2023 ini. Semua destinasi tersebut dapat dikunjungi bersama keluarga maupun pasangan karena bernuansa romantis.


Pasalnya, mayoritas tempat wisata paling hits di Purwakarta tersebut kebanyakan bertema air. Sehingga selain bisa menyegarkan otak juga menyejukkan pikiran.


Setidaknya ada 9 tempat wisata paling hits di Purwakarta yang bisa Anda kunjungi saat musim liburan tiba. Simak daftarnya berikut ini seperti dilansir dari WisataPurwakarta.com.


1. Situ Wanayasa


Destinasi wisata bertema air di Purwakarta pertama adalah Situ Wanayasa yang buka setiap hari. Tempat ini menawarkan keindahan panorama pemandangan yang menawan di samping sejuknya udara yang bisa dirasakan.


Hamparan air telaga yang luas cukup menyegarkan mata pengunjung. Selain itu bisa juga menikmati sejumlah fasilitas di dalamnya, antara lain spot foto menarik, restoran, wahana permainan, tempat ibadah, dan banyak lainnya.


Menariknya, tempat wisata ini bisa dikunjungi secara cuma-cuma alias tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun untuk memasuki areanya.


2. Curug Cipurut


Lalu ada Curug Cipurut yang berhawa sejuk karena bergema alam, khususnya air terjun. Lokasi wisata ini ada di wilayah Babakan, Wanayasa, Purwakarta.


Untuk menikmati pemandangan yang menawan ini pengunjung hanya dikenakan tarif masuk sebesar Rp 5.000 saja pada hari biasa. Sedangkan untuk akhir pekan sebesar Rp 20.000.


Di lokasi Curug Cipurut juga didukung sejumlah fasilitas seperti tempat foto instagenic, area parkir memadai, warung wisata, toilet, dan kamar mandi yang terawat.


Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Lagi Hits 2023


3. Curug Tilu


Berikutnya masih bertema air terjun, nama destinasinya adalah Curug Tilu yang berlokasi di Ciririp, Sukasari, Kabupaten Purwakarta.


Bagi yang ingin mendamaikan pikiran serta menyegarkan pandangan, Curug Tilu bisa menjadi opsi yang tepat. Pasalnya, keasrian tempat ini masih terjaga sehingga cocok untuk dikunjungi bagi yang ingin healing.


Curug Tilu buka setiap hari dari jam 06.30-16.00 WIB. Harga tiketnya juga cukup terjangkau, yakni Rp 5.000 saja berlaku untuk semua hari operasional.


Sama halnya dengan Curug Cipurut, di Curug Tilu juga memiliki sejumlah fasilitas yang kurang lebih hampir sama.


Waduk Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat
Waduk Jatiluhur, Purwakarta.


4. Waduk Jatiluhur


Waduk Jatiluhur menjadi destinasi selanjutnya yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat masa liburan tiba.


Waduk Jatiluhur merupakan sebuah bendungan yang awalnya difungsikan untuk mendukung teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Namun kini fungsi lain dari waduk ini sebagai pembendung air dari aliran Sungai Citarum.


Waduk ini juga mampu menyuplai air bagi 242 ribu hektar sawah yang berada di sekitarnya. Dengan begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari operasional Waduk Jatiluhur.


Selain berfungsi sebagaimana mestinya, Waduk Jatiluhur juga memiliki potensi mendatangkan pemasukan bagi pemerintah setempat dari sektor wisata.


Pasalnya ada biaya tarif tiket sebesar Rp 15.000 bagi pengunjung yang hendak menikmati panorama yang ada di area Waduk Jatiluhur.


Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Lagi Hits 2023


Adapun beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di sekitar area Waduk Jatiluhur ini antara lain berswafoto dengan latar belakang alam memukau. Selain itu juga ada banyak pilihan barang souvenir yang bisa dibeli di sepanjang area wisata Waduk Jatiluhur.


Bagi yang senang berenang, tempat wisata ini juga menyediakan wahana bernama Jatiluhur Water World yang memang dikhususkan untuk aktivitas bermain air.


5. Taman Air Mancur Sri Baduga


Bergeser ke lokasi wisata di Purwakarta selanjutnya yang sedikit beraroma sentuhan teknologi, yakni Taman Air Mancur Sri Baduga.


Disebut ada sentuhan teknologi karena wisata ini memiliki pertunjukan air mancur yang dapat bergerak lincah layaknya aksi penari.


Seraya menikmati pertunjukan air mancur tersebut, pengunjung juga bisa menikmati beragam kuliner pilihan sembari duduk di area gazebo.


Namun perlu diketahui, bahwa Air Mancur Sri Baduga hanya buka di jam-jam tertentu, yakni pukul 06.00-09.00 WIB dan 18.00-19.00 WIB.


Pertunjukan air mancur tersebut bisa menjadi latar belakang foto yang berkesan romantis.


Baca juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Lagi Hits 2023


6. Sasak Panyawangan


Lokasi wisata Sasak Panyawangan berada di Sukamulya, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.


Dijamin saat liburan di salah satu tempat wisata paling hits di Purwakarta ini akan merasakan sensasi luar biasa karena eloknya pemandangan yang disuguhkan.


Selain itu, beberapa fasilitas unggulan juga bisa dinikmati pengunjung saat berada di Sasak Panyawangan, di antaranya warung wisata, spot foto keren, wahana permainan, gazebo dan banyak lainnya.


Sementara bagi pengunjung rombongan seperti perusahaan, juga dapat menggelar outbound di tempat ini untuk pengunjung skala besar.


Sambil bersantai menyaksikan pemandangan, pengunjung bisa sambil berenang di tengah teriknya cuaca namun tetap berhawa sejuk.


Waduk Cirata Purwakarta Jawa Barat
Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat.


7. Waduk Cirata


Selanjutnya ada Waduk Cirata yang juga menjadi satu di antara sekian banyak tempat wisata paling hits di Purwakarta bertema air yang dibahas pada artikel ini.


Waduk Cirata memiliki sejumlah daya tarik sehingga layak dikunjungi. Beberapa daya tarik Waduk Cirata antara lain mulai dari wisata edukasi hingga pesona PLTA terbesar.


Selain itu, terdapat beragam makanan khas yang bisa dicicipi seraya menikmati panorama alam yang ada di wisata ini.


Layaknya waduk pada umumnya, Waduk Cirata juga menawarkan wahana berkeliling bendungan dengan menggunakan perahu. Untuk mengelilingi waduk ini dengan perahu bisa menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam lamanya.


Selain itu, beberapa kegiatan seru lainnya juga bisa dilakukan di tempat ini, seperti memancing, olahraga, serta swafoto.


Karenanya jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Waduk Cirata saat berada di wilayah Purwakarta, ya!


Baca juga: 5 Objek Wisata Terbaik di Indonesia yang Diakui Dunia, Ada Labuan Bajo Sampai Raja Ampat


8. Cikao Park


Cikao Park adalah tempat wisata ramah anak yang ada di Purwakarta. Lagi-lagi tempat ini juga menjadi tempat wisata bertema air.


Lokasi Cikao Park berada di Cisalada, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat.


Adapun jam buka Cikao Park mulai pukul 08.00-18.00 WIB setiap harinya.


Ada banyak fasilitas yang terdapat di Cikao Park, mulai dari kolam renang, spot foto yang Instagramable, gazebo tempat bersantai, sampai cafetaria yang menawarkan banyak kuliner pilihan.


Sedangkan untuk harga tiket masuknya dibedakan antara weekday dan weekend, di mana pada hari biasa (weekday) adalah sebesar Rp 10.000. Sementara pada akhir pekan (weekend) sebesar Rp 20.000.


Itu adalah harga tiket masuk atau HTM, sedangkan jika ingin menikmati sejumlah wahana lain akan dikenakan biaya tambahan sesuai aturan yang berlaku untuk masing-masing spot.


9. Giri Tirta Kahuripan


Rekomendasi wisata paling hits di Purwakarta 2023 yang terakhir ada Guru Tirta Kahuripan.


Lokasi tempat wisata bertema air ini berada di Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Purwakarta, Jawa Barat.


Giri Tirta Kahuripan buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB setiap harinya.


Di tempat ini pengunjung dapat menikmati sejumlah fasilitas, seperti kebun buah, kolam renang, kebun binatang mini, restoran, area bermain anak, dan banyak lagi lainnya.


Baca juga: Viral, Malang Dreamland Jadi Destinasi Wisata Paling Hits 2023 Karena Punya Wahana Ini


Setelah mengetahui keseluruhan tempat wisata paling hits di Purwakarta 2023 di atas tentu bisa menjadi opsi bagi Anda yang tengah merencanakan liburan dalam waktu dekat.


Sehingga tidak bingung lagi harus liburan ke mana saat berada di Purwakarta baik saat high season maupun libur akhir pekan biasa.


Tentunya dengan kelayakan tempat wisata tersebut bisa menjadi tujuan berlibur bersama keluarga, bahkan ramah anak untuk dikunjungi. Kira-kira mau kemana dulu, nih?

Advertisement
Advertisement
***
Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close