GfM7GfzpGpW0BUOlGfO8TSCiBY==

Apa Itu Personal Area Network? Ini Pengertian Definisi Beserta Contohnya

Apa Itu Personal Area Network? Ini Pengertian Definisi Beserta Contohnya
Personal Area Network (PAN). (Dok. YouTube/Maher Sani)

PEWARTA.CO.ID - Bagi pelajar yang mendalami ilmu jaringan, tentunya harus mengenal apa itu Personal Area Network (PAN). Sehingga bukan hanya paham, tetapi juga mengerti fungsi dan cara penggunaannya.


Untuk diketahui, Personal Area Network atau PAN merupakan jaringan yang lingkupnya lebih kecil dibanding Local Area Network (LAN).


Meski lingkupnya lebih kecil, namun peran dari PAN juga cukup vital layaknya jaringan-jaringan lain.


Dikutip dari Mading Digital, secara pengertian definisi, Personal Area Network adalah jaringan kecil yang menghubungkan perangkat teknologi dengan jarak 10 meter.


Baca juga: Lowongan Kerja BRI Life Purwokerto Terbaru Februari 2023, Lulusan D3 Boleh Daftar


Biasanya, jaringan PAN ini digunakan untuk area dalam kantor yang menunjang pekerjaan dalam satu ruangan tersebut, seperti Small Office Home Office (SOHO).


Jaringan PAN bisa digunakan untuk bertukar data hingga penyambung jaringan komunikasi dalam area kerja yang lebih kecil.


Selain kantor, penggunaan PAN juga bisa diterapkan di area seperti Rumah Sakit (RS), sekolah, kampus, maupun area militer.


Keunggulan PAN lainnya yakni bisa dipakai untuk konektivitas perangkat seperti printer. Sehingga ketika mencetak tidak diperlukan lagi koneksi internet jika ada PAN tersebut.


Baca juga: Lowongan Kerja Kapal Api Global Terbaru Februari 2023, Lulusan S1 Buruan Daftar


PAN dapat tersambung melalui dua jenis koneksi, yakni wired (kabel) dan wireless (tanpa kabel). Adapun contoh penggunaan PAN yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara lain:


- Transmisi data antar perangkat


- Media komunikasi antar perangkat


- Berbagi resources (sumber daya) antar perangkat


Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu Personal Area Network (PAN), termasuk penggunaan dan jenisnya. Semoga melalui artikel ini lebih banyak pelajar yang mengetahui kegunaan dari PAN tersebut.

Advertisement
Advertisement
Tonton juga video berita Indonesia viral 2024 di bawah ini dari kanal YouTube resmi Pewarta.



Dapatkan berita Indonesia terkini viral 2024, trending, serta terpopuler hari ini dari media online Pewarta.co.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close